Bentuk pengelolaan dana wakaf uang di Bank Wakaf Mikro: studi kasus BWM al Fitrah Wava Mandiri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhoni, Ahmad Fauzul Farij (2023) Bentuk pengelolaan dana wakaf uang di Bank Wakaf Mikro: studi kasus BWM al Fitrah Wava Mandiri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Fauzul Farij Romadhoni_C97216026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengelolaan dana wakaf uang yang dilakukan oleh Bank Wakaf Mikro (BWM) Al Fitrah Wava Mandiri Surabaya dan perkembangan wakaf uang tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif dengan teknik penghimpunan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan wakaf uang di BWM Al Fitrah Mava Mandiri menggunakan pedoman pengelolaan wakaf produktif yaitu; aspek kelembagaan, aspek manajemen nadzir, aspek trasparasasi dan akuntabilitas. BWM Al Fitrha Mava Mandiri mengelola aset wakaf sepenuhnya digunakan untuk pembiayaan UMKM, serta model pembiayaan yang digunakan mengunakan model pembiayaan qard. pengembangan wakaf dan mengelola dana wakaf uang dengan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti pemberian modal usaha dan pengembangan usaha mikro. Faktor yang mempengaruhi pengelolaan dana wakaf uang di BWM Al Fitrah Wava Mandiri Surabaya adalah kepercayaan masyarakat, regulasi perbankan, dan kualitas manajemen. Penelitian ini menyediakan informasi yang berguna bagi BWM dan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui bagaimana dana wakaf uang dikelola dan perkembangan wakaf uang di BWM Al Fitrah Mava Mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhoni, Ahmad Fauzul Farijc97216026@uinsby.ac.idC97216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Manajemen
Pemberdayaan
Wakaf
Keywords: Dana wakaf uang; Bank Wakaf Mikro; BWM Al Fitrah Wava Mandiri Surabaya; pengelolaan dana wakaf uang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: akhmad Fauzul
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:49
Last Modified: 15 Sep 2023 00:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64957

Actions (login required)

View Item View Item