Etika komunikasi ruang publik pada generasi Z mengenai hal privat di akun media sosial twitter Suroboyofess

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Moch. Habib Maulana (2023) Etika komunikasi ruang publik pada generasi Z mengenai hal privat di akun media sosial twitter Suroboyofess. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Habib Maulana Putra_I93219091.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji suatu permasalahan mengenai bagaimana etika komunikasi generasi Z pada ruang publik media sosial Twitter SUROBOYOFESS terkait dengan hal yang sifatnya privat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif netnografi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penyampaian komentar oleh generasi Z pada ruang publik media sosial Twitter SUROBOYOFESS. Selain itu, juga untuk mencari tahu bagaimana generasi Z memahami batasan antara ruang privat dan ruang publik ketika berkomunikasi pada akun Twitter SUROBOYOFESS. Penelitian ini menggunakan teori tindakan komunikatif Jurgen Habermas yang berkaitan dengan etika komunikasi generasi Z. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya masih terdapat kata kasar yang digunakan oleh generasi Z ketika menyampaikan komentar. Hal tersebut bergantung pada konteks atau isi menfess. Namun masih ada juga generasi Z yang selalu memperhatikan etika ketika berkomentar terlepas dari konteks atau isi menfess. Selain itu, generasi Z membatasi hal yang sifatnya privat dengan hal yang sifatnya publik dengan tetap menjaga anonimitas, melakukan sensor pada nomor dan nama, mengganti back ground room chat, dan hal lain yang dapat diidentikkan dengan seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Moch. Habib Maulanahabibmp821@gmail.comI93219091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Thesis advisorEffendi, MasitahMASITAH.EFFENDI@uinsby.ac.id2017059101
Subjects: Komunikasi
Etika
Sosiologi
Keywords: Communication ethics; generation Z, twitter
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Habib putra
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:27
Last Modified: 12 Sep 2023 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64962

Actions (login required)

View Item View Item