Pendampingan ibu-ibu jamaah wirid melalui pemanfaatan buah jeruk dalam upaya meningkatkan perekonomian: studi Kasus di Dusun Turi Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulhaq, Afiifah Dhiya (2023) Pendampingan ibu-ibu jamaah wirid melalui pemanfaatan buah jeruk dalam upaya meningkatkan perekonomian: studi Kasus di Dusun Turi Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afiifah Dhiya Ulhaq_B52219047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Afiifah Dhiya Ulhaq, NIM. B52219047, 2023. Pendampingan Ibu-Ibu Jamaah Wirid Melalui Pemanfaatan Buah Jeruk Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian (Studi Kasus di Dusun Turi Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Dusun Turi merupakan salah satu dusun di Desa Kucur yang dikelilingi berbagai macam kekayaan alam melimpah, salah satunya Buah Jeruk. Penelitian ini berfokus kepada 2 tujuan yakni pertama, melakukan pendampingan kepada komunitas ibu-ibu jamaah wirid dalam melakukan pemanfaatan jeruk. Kedua, melakukan suatu perubahan dari pendampingan yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), yang memfokuskan kepada pemanfaatan aset sekitar dengan melakukan beberapa tahapan, dimulai dari inkulturasi hingga 5D yaitu Discovery, Dream, Design, Define dan Destiny. Proses pendampingan dimulai dengan pendekatan oleh kelompok yang aan didampingi, memberikan penyadaran sehingga dapat melakukan penggalian aset, diskusi dalam hasil tani jeruk menjadi Manisan Jeruk dan Candy Orange. Banyak perubahan yang timbul akibat penelitian ini seperti perubahan mindset, ekonomi hingga keahlian. Hal tersebut menjadikan terbukanya peluang pasar sehingga berakibat pada meningkatnya perekonomian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulhaq, Afiifah Dhiyaafiifahdhiyaulhaq19@gmail.comB52219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Assistance; assets; economy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: S.Sos Afiifah Dhiya Ulhaq
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:03
Last Modified: 12 Sep 2023 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64967

Actions (login required)

View Item View Item