Konstruksi nilai-nilai sedekah dalam akun instagram @temanbaik.rachelvennya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasasti, Asri Fatkhiya (2023) Konstruksi nilai-nilai sedekah dalam akun instagram @temanbaik.rachelvennya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asri Fatkhiya Prasasti_B91219088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat, menjadikan proses penyebaran dakwah semakin mudah untuk dilakukan. Pasalnya, di era saat ini banyak aktivis dakwah yang ikut memanfaatkan kecanggihan teknologi internet tersebut dengan menggunakan media sosial sebagai media dakwahnya. Akun Instagram “@temanbaik.rachelvennya” merupakan salah satu akun yang konten dan feed-nya berisi tentang ajakan untuk bersedekah dan membantu sesama yang tengah membutuhkan. Untuk mengkaji rumusan masalah yang telah ditetapkan, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif tekstual dengan jenis penelitian kepustakaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis framing model Robert M. Entman. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, studi literature. Hasil analisis menunjukkan terdapat tiga nilai sedekah yang ada pada akun “@temanbaik.rachelvennya. Penonjolan aspek disuguhkan oleh “@temanbaik.rachelvennya” tentang sedekah dengan tujuan ajakan kepada khalayak untuk bersedekah. Oleh karena itu, adanya penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk dilakukan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan konstruksi nilai-nilai sedekah dalam akun Instagram. Harapan untuk penelitian selanjutnya, peneliti dapat menggunakan metode penelitian yang berbeda, model analisis yang berbeda juga seperti analisis semiotik dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasasti, Asri Fatkhiyaprasasti.asri1@gmail.comB91219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEmeraldien, Fikry Zahriafikry.zahria.emeraldien@uinsby.ac.id0028088902
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Penyiaran Islam
Keywords: Instagram; @temanbaik.rachelvennya; sedekah; analisis Framing; Robert M. Entman
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Asri Fatkhiya Prasasti
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:15
Last Modified: 12 Sep 2023 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64968

Actions (login required)

View Item View Item