Bimbingan konseling Islam dengan terapi syukur untuk mengatasi perilaku hedonisme pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliana, Nabila (2023) Bimbingan konseling Islam dengan terapi syukur untuk mengatasi perilaku hedonisme pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Auliana_B03219036 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini yakni tentang 1) Bagaimana proses bimbingan konseling islam terapi syukur untuk mengatasi perilaku hedonisme pada mahasaiswa? 2) Bagaimana hasil bimbingan konseling islam terapi syukur untuk mengatasi perilaku hedonisme pada mahasiswa? Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus yang dianalisa menggunakan pendekatan analisa deskriptif komparatif. Peneliti mencari data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis dilakukan untuk mengetahui proses Bimbingan dan Konseling Islam Terapi Syukur untuk Mengatasi Perilaku Hedonisme pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, yaitu dengan membandingkan antara teori dan praktek di lapangan. Sedangkan untuk mengetahui hasilnya yakni dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudahnya dilakukan proses konseling yang telah dilakukan. Penelitian ini menghasilkan data bahwa proses Bimbingan dan Konseling Islam Terapi Syukur untuk mengatasi perilaku hedonisme pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan menggunakan langkah-langkah yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosa, treatment, evaluasi dan follow up. Terapi syukur dan memotivasi konseli agar konseli dapat lebih bersyukur dengan apa yang ia miliki, selalu mengingat dan lebih dekat kepada Allah SWT, menjadi pribadi yang lebih baik. Hasil akhir dari proses konseling ini berhasil dapat dilihat dari perubahan-perubahan yang semula konseli tidak mau membeli barang di toko biasa atau konseli selalu membeli barang branded, tidak meminta uang kepada orang tua untuk membeli barang mengatasnamakan keperluan kuliah, dan konseli sudah tidak menggunakan shopee paylatter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliana, Nabilanabilaauliana786@gmail.comB03219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, LukmanUNSPECIFIED197311212005011002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Terapi
Keywords: Bimbingan konseling Islam; terapi syukur; hedonisme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nabila Auliana
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:25
Last Modified: 15 Sep 2023 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64976

Actions (login required)

View Item View Item