Pengorganisasian Kelompok Tani dalam menjaga ekosistem lingkungan melalui pengolahan pestisida nabati di Dusun Sendang Desa Sendang Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Zahrotun (2023) Pengorganisasian Kelompok Tani dalam menjaga ekosistem lingkungan melalui pengolahan pestisida nabati di Dusun Sendang Desa Sendang Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotun Nisa_B92218136 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dusun sendang terkenal dengan hamparan sawahnya. Permasalahan yang sering sekali terjadi pada para petani Sendang ini ialah mengatasi hama di lahan pertanian yang masih sering menggunakan bahan kimia. Namun, dampak negatif dari penggunaan bahan kimia tersebut, selain membahayakan kesehatan pengkonsumsi hasil tanaman tersebut bahan kimia juga sangat tidak ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penyebab petani masih bergantung pada bahan kimia dan menemukan cara pendampingan yang tepat dalam mengurangi ketergantungan petani terhadap bahan kimia pada Dusun sendang Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Penelitian di Desa Sendang menggunakan teknik Participatory Action Research (PAR). PAR Standar digunakan karena pada metode penelitian tersebut secara efektif melibatkan setiap pihak yang berlaku (Mitra) pada memeriksa kegiatan berkelanjutan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan. Cara kerja PRA (Participatory Rural Apparisal) adalah semua kegiatan pembelajaran dengan daerah setempat, serta perangkat untuk mengajar daerah setempat dengan tujuan akhir untuk mengumpulkan kesadaran dasar dan mengurus masalah khusus. Tujuan mendasar dari PAR yaitu supaya menangkap rencana atau proyek peningkatan yang memenuhi prasyarat. Syarat tersebut yaitu diakui oleh daerah sekitar, menguntungkan secara finansial, serta sangat mempengaruhi iklim. Guna mendapatkan informasi berdasarkan bidangnya, fasilitator, serta masyarakat setempat akan memimpin investigasi bersama tentang bagaimana waktu diperlakukan. Temuan yang dapat dijabarkan yaitu di desa Sendang, Kecamatan Senori, mayoritas penduduknya adalah petani; Oleh karena itu, sebagian besar masalah masyarakat bersifat pertanian dan terkait erat dengan keberlanjutan ekosistem. Refleksi tentang asosiasi petani di Sendang Dusun Sendang sangat baik karena individu di desa ini dapat dianggap sebagai wilayah lokal yang menyenangkan sehingga keselarasan mereka adalah area kekuatan yang serius untuk sangat baik. Proses inkulturasi dilakukan dengan mengorganisir kelompok tani dalam pemeliharaan ekosistem lingkungan melalui pembuatan pestisida. keadaan alam di areal pertanian Dusun sendang sangat tidak menentu karena cara berperilaku dari individu itu sendiri yang pada awalnya tidak menggunakan obat-obatan, sekarang semua obat-obatan menggunakan obat-obatan majemuk yang akan merusak sistem biologis ekologi untuk sementara waktu, mengubah setting daerah dari sintetis ke alami itu sulit, mengingat bagi mereka bagaimana mendapatkan hasil yang cepat dan baik namun tidak fokus pada efek masa depan pada iklim umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Zahrotunzahrotunnisa223@gmail.comB92218136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. MunirUNSPECIFIED2017035901
Subjects: Hubungan Masyarakat
Industri RumahTangga
Masyarakat Islam
Keywords: Pengorganisasian; kelompok tani; pestisida Nabati
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: ZAHROTUN NISA
Date Deposited: 13 Sep 2023 15:35
Last Modified: 13 Sep 2023 15:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64982

Actions (login required)

View Item View Item