Pengaruh bias representasi dan efek disposisi terhadap keputusan investasi saham di pasar modal dengan literasi keuangan sebagai variabel moderasi: studi pada investor milenial di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vernanda, Adinda Bella (2023) Pengaruh bias representasi dan efek disposisi terhadap keputusan investasi saham di pasar modal dengan literasi keuangan sebagai variabel moderasi: studi pada investor milenial di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Bella Vernanda_G93219062.pdf

Download (5MB)

Abstract

Jumlah investor di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Peningkatan ini tidak sejalan dengan tingkat literasi keuangan sektor pasar modal yang masih rendah. Sehingga tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh bias representasi dan efek disposisi terhadap keputusan investasi saham dipasar modal dengan literasi keuangan sebagai variabel moderasi (studi pada investor milenial di kota Surabaya). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah asosiatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 210 investor dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui google form kepada para investor sesuai dengan kriteria. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi Smartpls 3.2.9. Pengujian pada penelitian ini melalui 2 tahap yaitu uji outer model dan inner model. Dari proses olah data, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bias representasi secara signifikan tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi saham di pasar modal. Efek disposisi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi saham di pasar modal. Literasi keuangan sebagai variabel moderasi tidak memoderasi hubungan antara bias representasi dengan keputusan investasi saham di pasar modal. Literasi keuangan sebagai variabel moderasi memoderasi pengaruh hubungan antara efek disposisi dengan keputusan investasi saham di pasar modal. Bias representasi dan efek disposisi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi saham di pasar modal. Oleh karena itu, saran yang direkomendasikan bagi investor yaitu tidak tergesa-gesa menjual saham yang sedang mengalami kenaikan terlalu dini, meningkatkan literasi keuangan yang dimiliki, melakukan analisis fundamental dan teknikal sebelum melakukan investasi. Bagi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu melakukan sosialisasi mengenai literasi keuangan. bagi peneliti selanjutnya mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel lain dan menambah jumlah sampel serta menggunakan objek penelitian di daerah lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vernanda, Adinda Bellaadindabellav@gmail.comG93219062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id-
Subjects: Investasi
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Manajemen
Keywords: Bias representasi; efek disposisi; literasi keuangan; keputusan investasi saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Adinda Bella Vernanda
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:53
Last Modified: 15 Sep 2023 00:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64984

Actions (login required)

View Item View Item