Pengaruh faktor fundamental perusahaan manufaktur terhadap harga saham dengan earning per share sebagai variabel moderating: studi pada sektor industri consumer goods yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Norul (2023) Pengaruh faktor fundamental perusahaan manufaktur terhadap harga saham dengan earning per share sebagai variabel moderating: studi pada sektor industri consumer goods yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Norul Hidayah_G73219046.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Faktor Fundamental Perusahaan Manufaktur Terhadap Harga Saham dengan Earning Per Share Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Sektor Industri Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)” bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return on Equity terhadap harga saham serta Earning Per Share dalam memoderasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 26 perusahaan sektor industri consumer goods di Bursa Efek Indonesia dan didapatkan 130 data penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan perusahaan sektor industri consumer goods periode 2017-2021 di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan software SPSS versi 26 yang bertujuan untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel current ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, debt to equity ratio berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dan return on equity berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Adapun dari uji moderasi, diperoleh hasil bahwa earning per share tidak dapat memoderasi pengaruh current ratio terhadap harga saham, earning per share dapat memoderasi pengaruh debt to equity ratio terhadap harga saham, dan earning per share dapat memoderasi pengaruh return on equity terhadap harga saham sektor industri consumer goods yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Norulnorulhdyh18@gmail.comG73219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id--
Subjects: Investasi
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Manajemen
Keywords: Current ratio; debt to equity ratio; return on equity; earning per share; harga saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Norul Hidayah
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:37
Last Modified: 15 Sep 2023 01:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64985

Actions (login required)

View Item View Item