Peran guru PAI dalam membentuk sikap toleran antarsiswa di SMP Negeri 3 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qibthiyah, Mariyatul (2023) Peran guru PAI dalam membentuk sikap toleran antarsiswa di SMP Negeri 3 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mariyatul Qibthiyah_D01219031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia dihadapkan pada fakta bahwa Islam harus berdiri bersama agama-agama lainnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk dapat melaksanakan kehidupan yang damai antar umat beragama, umat Muslim di Indonesia perlu memiliki kesadaran sosial terkait pentingnya toleransi. Penelitian ini bertujuan mengkaji beberapa masalah diantaranya (1) Bentuk-bentuk kegiatan yang menunjukkan sikap toleran antarsiswa di SMPN 3 Waru. (2) Proses terbentuknya sikap toleran melalui kegiatan-kegiatan yang ada di SMPN 3 Waru. (3) Peran guru PAI dalam memelihara toleransi antarsiswa di SMPN 3 Waru. Dalam penelitian ini, kajian sepenuhnya dilakukan menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, diantaranya: wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisis Data yang digunakan berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memaparkan data yang didapat berupa : (1) Bentuk-bentuk kegiatan yang menunjukkan sikap toleran antarsiswa di SMPN 3 Waru dikemas menjadi dua kegiatan yaitu kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan dan non-keagamaan. (2) Proses terbentuknya sikap toleran melalui kegiatan-kegiatan yang ada di SMPN 3 Waru karena pembentukan, pelatihan dan pembiasaan yang terus dilakukan. (3) Peran Guru PAI dalam memelihara toleransi antarsiswa di SMPN 3 Waru tercermin dari kontribusi dan promosi sikap toleran kepada siswa yang terus dilakukan, penggunaan strategi dan pendekatan untuk mengajarkan nilai-nilai toleransi kepada siswa, pemberian fasilitas berupa diskusi atau aktifitas kelas yang membantu siswa memahami pentingnya menghargai perbedaan dan membangun sikap toleran, serta penekanan nilai-nilai universal seperti keadilan, persamaan dan saling menghormati dalam konteks pembelajaran PAI, dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qibthiyah, Mariyatul19.mariyatulxiibsb4@gmail.comD01219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Agama
Kerukunan Beragama
Keywords: Peran guru PAI; sikap toleran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mariyatul Qibthiyah
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:26
Last Modified: 15 Sep 2023 01:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64987

Actions (login required)

View Item View Item