Pesan akhlak dalam lirik lagu "Usik" karya Feby Putri Nilam Cahyani: analisis semiotik Charles Sanders Pierce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Noviyanti Wulan (2023) Pesan akhlak dalam lirik lagu "Usik" karya Feby Putri Nilam Cahyani: analisis semiotik Charles Sanders Pierce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noviyanti Wulan Sari_B01219042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dakwah dapat dilakukan melalui berbagai media salah satunya yakni dengan menggunakan lagu. Usik karya Feby Putri Nilam Cahani merupakan salah satu lagu pop yang mengandung pesan akhlak. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasanya Allah mengutus Nabi Muhammad untuk menyempurnakan akhlak manusia, dan lagu Usik merupakan salah satu lagu yang dapat memotivasi dan menginspirasi pendengarnya. Oleh karenanya lagu tersebut menarik untuk dikaji tentang apa pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu “Usik” karya Feby Putri Nilam Cahyani. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode analisis semiotik Charles Sanders Pierce menggunakan triangle meaning, yakni trikotonomi segitiga makna yang terdiri dari sign, objek, interpretan. Kandungan pesan akhlak dalam lirik lagu tersebut, yakni (1) ikhlas akan ketetapan Allah, (2) menjaga lisan (3) berdoa dan berikhtiar, (4) berkhusnudzon bahwa Allah menetapkan rencana yang terbaik bagi hamba-Nya dan kita sebagai manusia hanya perlu ikhlas (5) sabar menjalani kehidupan. Kelima akhlak tersebut merupakan akhlak mahmudah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Noviyanti Wulanxaviyantama@gmail.comB01219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Akhlak
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan; akhlak; lirik lagu; lagu "Usik"
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Noviyanti Sari
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:47
Last Modified: 15 Sep 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64988

Actions (login required)

View Item View Item