Pendampingan ibu-ibu PKK dalam optimalisasi pengolahan produk jagung di Desa Ngujung Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Maulida (2023) Pendampingan ibu-ibu PKK dalam optimalisasi pengolahan produk jagung di Desa Ngujung Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Maulida Habibah_B92219105.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemberdayaan yang peneliti lakukan di ibu ibu PKK Desa Ngujung Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk yang melihat sebuah peluang untuk meningkatkan ekonomi melalui pengolahan jagung dari pertanian. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan observasi peneliti yang melihat potensi jagung yang di manfaatkan dapat menjadikan nilai tambah ekonomi. Mengajak komunitas ibu ibu PKK juga sangat strategis dalam proses pendampingan pengolahan jagung, artinya adalah kedekatan sesama kaum perempuan akan terasa lebih baik dan lebih akrab. Penelitian ini menggunakan metode Asset Based Community Development, yang mana peneliti berfokus pada pengembangan aset untuk perkembangan komunitas dampingan. Penggunaan metode ini sangat cocok pada proses proses di lapangan ketika pendampingan bersama ibu ibu PKK, yang mana juga berfokus pada pengembangan potensi juga pengembangan ekonomi. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah kemampuan ibu ibu PKK dalam pengolahan jagung serta penjualan yang sesuai dengan teknik teknik pemasaran produk yang telah di rancang bersama peneliti dan komunitas dampingan. Keberlanjutan dari program yang telah di gagas oleh peneliti juga bersifat terus menerus bahkan hingga saat ini masih tetap berlanjut, karena masyarakat sadar bahwa keuntungan lebih dalam pertanian jagung adalah harus di olah terlebih dahulu lalu di jual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Maulidamaulidahabibah81@gmail.comB92219105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Ekonomi; masyarakat; jagung
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Maulida Habibah
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:31
Last Modified: 15 Sep 2023 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64990

Available Versions of this Item

  • Pendampingan ibu-ibu PKK dalam optimalisasi pengolahan produk jagung di Desa Ngujung Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. (deposited 15 Sep 2023 01:31) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item