Nilai-nilai dakwah dalam film Aku Bukan Jodohnya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tsaqifathallah, Raden Radisa Muhammad (2023) Nilai-nilai dakwah dalam film Aku Bukan Jodohnya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raden Radisa Muhammad Tsaqifathallah_B91219122.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Nilai-Nilai Dakwah dalam Film Aku Bukan Jodohnya, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Nilai-Nilai Dakwah yang meliputi nilai Akidah, Syari’ah, dan Akhlak yang terkandung dalam film Aku Bukan Jodohnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode analisis teks media. Peneliti melakukan observasi dengan mengamati film Aku Bukan Jodohnya, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa film Aku Bukan Jodohnya mengandung nilai akidah yang mencakup sikap sesorang untuk ikhlas dalam berikhtiar dan bertawakkal terhadap takdir yang telah ditentukan Allah SWT. Nilai syari’ah yang disampaikan dalam film ini meliputi ibadah dan hukum syari’at yang ada dalam agama Islam, seperti mendirikan sholat, anjuran sesorang untuk berpakaian sopan menutup aurat, dan menjauhi perbuatan zina. Nilai akhlak yang disampaikan dalam film ini meliputi perilaku dan adab seseorang, baik itu perillaku yang baik maupun buruk. Yang telah disampaikan oleh beberapa tokoh dalam tiap-tiap adegan. Diharapkan ada penelitian selanjutnya yang mengkaji tentang nilai-nilai dakwah dalam film Aku Bukan Jodohnya yang ditinjau dari teknik sinematografi menggunakan teori dan analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tsaqifathallah, Raden Radisa Muhammadradisamuhammad46@gmail.comB91219122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Nilai-nilai dakwah; film; semiotika Charles Sanders Pierce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Raden Radisa Muhammad Tsaqifathallah
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:52
Last Modified: 15 Sep 2023 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64993

Actions (login required)

View Item View Item