Pengaruh orientasi kewirausahaan, kapabilitas dinamik, dan keunggulan kompetitif terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadanti, Firda Gangsar (2023) Pengaruh orientasi kewirausahaan, kapabilitas dinamik, dan keunggulan kompetitif terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Firda Gangsar Ramadanti_G03219012 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Orientasi kewirausahaan, kapabilitas dinamik, dan keunggulan kompetitif telah menjadi subjek penelitian yang menarik berkaitan dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan eksternal. Implementasi dari orientasi kewirausahaan, kapabilitas dinamik, dan keunggulan kompetitif diharapkan mampu mendorong kinerja UMKM ke tingkat yang lebih tinggi. Penelitian ini menganalisis pengaruh dari orientasi kewirausahaan, kapabilitas dinamik, dan keunggulan kompetitif terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan eksternal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari kuesioner dengan menggunakan skala pengukuran 1-5 yang bernilai positif. Dengan menggunakan perhitungan cluster random sampling, diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 248 responden Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Binaan Kota Surabaya. Untuk menguji instrumen dan hipotesis, peneliti menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS) versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap kapabilitas dinamik UMKM Kota Surabaya. Kedua, orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh keunggulan kompetitif UMKM Kota Surabaya. Ketiga, kapabilitas dinamik tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM Kota Surabaya. Keempat, keunggulan kompetitif memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM Kota Surabaya. Kelima, orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM Kota Surabaya. Keenam, kapabilitas dinamik tidak memiliki pengaruh dalam memediasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja UMKM Kota Surabaya. Ketujuh, keunggulan kompetitif tidak memiliki pengaruh dalam memediasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja UMKM Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadanti, Firda Gangsarfirdagangsar@gmail.comG03219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Keywords: Orientasi kewirausahaan; kapabilitas dinamik; keunggulan kompetitif; kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Firda Gangsar Ramadanti
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:42
Last Modified: 23 Aug 2023 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64994

Available Versions of this Item

  • Pengaruh orientasi kewirausahaan, kapabilitas dinamik, dan keunggulan kompetitif terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya. (deposited 23 Aug 2023 03:42) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item