Pendampingan pemuda salam edukasi pertanian melalui pembibitan tanaman tebu di Desa Trowulan Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andamari, Titik Retno (2023) Pendampingan pemuda salam edukasi pertanian melalui pembibitan tanaman tebu di Desa Trowulan Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titik Retno Andamari_B02216050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan pemuda agar kembali pada daya minat pertanian di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Bertujuan agar para pemuda desa bisa memanfaatkan asset yang ada dan bisa meningkatkan perekonomian individu maupun antar individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis asset yaitu metode ABCD (Asset Bassed Community Development), dengan subyek penelitian yaitu pemuda, sedangkan obyeknya (pendamping) adalah petani. Pendekatan penelitian ini dilakukan melalui beberapa langkah, diantaranya inkulturasi, discovery, dream, design, define, destiny, monitoring dan evaluasi. Proses pendampingan penelitian ini menghasilkan beberapa harapan, salah satunya adalah bagaimana cara pemuda dapat kembali pada daya minat ke pertanian dan bagaiamana cara pembibitan tanaman tebu. Maka terealisasi harapan pemuda dan petani yaitu terbentuknya kelompok sadar petani dan terwujudnya edukasi beserta tahap – tahapan pada pembibitan tebu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andamari, Titik Retnoandamarititikretno@gmail.comB02216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Pendampingan pemuda; pembibitan tebu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Titik Retno Andamari
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:05
Last Modified: 15 Sep 2023 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64996

Actions (login required)

View Item View Item