Moderasi pengungkapan corporate social responsibility pada hubungan profitabilitas dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sumber daya alam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningtias, Novia Siswari (2023) Moderasi pengungkapan corporate social responsibility pada hubungan profitabilitas dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sumber daya alam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novia Siswari Ningtias_G72219058.pdf

Download (980kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menguji secara empiris pengaruh kinerja keuangan, kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertanian dan pertambangan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel yang didapat sebanyak 17 perusahaan. Periode penelitian sebanyak 4 tahun sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 68 perusahaan. Data penelitian diolah menggunakan SPSS Statistic 27 serta menggunakan teknik aplikasi khusus dari analisis regresi linier berganda yaitu Moderated Regression Analysis.Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja keuangan yang diproksikan ROA memiliki nilai signifikansi sebesar 0,045 < 0,10 sehingga kinerja keuangan berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan, kinerja lingkungan yang diproksikan PROPER memiliki nilai signifikansi sebesar 0,096 < 0,10 sehingga kinerja lingkungan berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan, variabel interaksi ROA dengan CSR memiliki nilai signifikansi sebesar 0,057 < 0,10 sehingga CSR memperkuat pengaruh kinerja keungan terhadap nilai perusahaan, variabel interaksi PROPER dengan CSR memiliki nilai signifikansi sebesar 0,686 > 0,10 sehingga CSR tidak dapat memoderasi pengaruh kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk memperluas periode serta objek perusahaan, menggunakan pengukuran lain selain yang digunakan pada penelitian ini, serta diharapkan variabel CSR digunakan sebagai variabel mediasi atau intervening. Hal ini untuk memberikan hasil temuan yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningtias, Novia Siswarinoviasiswari20@gmail.comG72219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunjunan, Mochammad Ilyasmij@uinsby.ac.id2030039303
Subjects: Akuntansi
Masyarakat
Keywords: Corporate social responsibility; kinerja keuangan; kinerja lingkungan; nilai perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Novia Siswari Ningtias
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:53
Last Modified: 20 Sep 2023 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64998

Actions (login required)

View Item View Item