Inovasi pendidikan moderasi beragama di Sekolah Kota Metropolitan: studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan MA Tahdzibun Nufus Jakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Panggayuh, Bina Prima (2023) Inovasi pendidikan moderasi beragama di Sekolah Kota Metropolitan: studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan MA Tahdzibun Nufus Jakarta. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bina Prima Panggayuh_01040420002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian yang pertama adalah untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap moderasi beragama di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan MA Tahdzibun Nufus Jakarta. Kedua untuk menganalisis implementasi moderasi beragama di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan MA Tahdzibun Nufus Jakarta. Ketiga untuk menganalisis bentuk-bentuk inovasi pendidikan moderasi beragama di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan MA Tahdzibun Nufus Jakarta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fokus penelitian pada disertasi ini adalah mengetahui inovasi pada pendidikan moderasi beragama pada lembaga pendidikan kota metropolitan, yaitu SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan MA Tahdzibun Nufus Jakarta. Metode penelitian pada disertasi ini menggunakan pendekatan studi kasus. Jenis penelitian yang digunakan dalam disertasi ini adalah kualitatif. Latar penelitian disertasi ini berlokasikan pertama, di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya karena berdasarkan pernytaan kepala BNPT Komjen Boy Rafli, yang menyatakan bahwa Jawa Timur khususnya Surabaya adalah salah satu dari lima provinsi yang menjadi prioritas dalam menangani gerakan radikalisme dan terorisme. Kedua, MA Tahdzibun Nufus Jakarta karena Jakarta merupakan kota yang heterogen, masyarakat yang terdiri dari berbagai kelompok etnis, ras, strata sosial, bahasa, dialek, dan tradisi yang berbeda-berada didalam satu wilayah. Penelitiaan dilaksanakan mulai bulan Mei 2022 sampai dengan bulan Juni 2022. Sumber data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu: sumber daya manusia, lokasi penelitian, dan dokumen yang berupa catatan-catatan, arsip-arsip, dan foto yang dapat memberikan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, pemahaman terhadap moderasi beragama dapat dilihat dari pemahaman siswa terhadap konsep moderasi beragama yang sudah baik. Kedua, Implementasi pendidikan moderasi beragama dapat dilakukan melalui beberapa langkah yaitu mengimplementasikan pendidikan moderasi beragama melalui kebijakan, pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan, kegiatan keagamaan, dan kerjasama. Ketiga, Bentuk inovasi pendidikan moderasi beragama yaitu: Inovasi pendidikan moderasi beragama dengan bentuk kebijakan sekolah atau madrasah. Inovasi pendidikan moderasi beragama dengan bentuk pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan SKI. Inovasi pendidikan moderasi beragama dengan bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang bisa disisipkan nilai-nilai moderasi beragama di dalam kegiatannya. Inovasi pendidikan moderasi beragama dengan bentuk pembiasaan moderasi beragama disekolah. Inovasi pendidikan moderasi beragama dengan bentuk kegiatan keagamaan di sekolah atau madrasah. Inovasi pendidikan moderasi beragama dengan bentuk kerjasama dengan masyarakat, wali murid, dan pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Panggayuh, Bina Primabinaprima1234@gmail.com01040420002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Agama
Pendidikan
Toleransi
Keywords: Inovasi; pendidikan; moderasi beragama
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bina Prima Panggayuh
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:54
Last Modified: 20 Sep 2023 08:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65003

Actions (login required)

View Item View Item