Childfree di tayangan vlog Gita Savitri Eps.32 dalam prespektif Islam dan Kristen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ja'farurromadhon, Mochammad (2023) Childfree di tayangan vlog Gita Savitri Eps.32 dalam prespektif Islam dan Kristen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Ja'farurromadhon_E02219021 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis terhadap Childfree di tayangan Vlog Gita Savitri Eps.32. dalam penelitian ini menggunakan teori wacana kritis model Norman Fairclough dengan menggunakan metode kualitatif Deskriptif dan pendekatan Kajian Media, Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal yakni bahwa paham childfree tidak sesuai dengan tujuan pernikahan. Yang terjadi dalam fenomena vlog gita savitri eps.32 tentang wacana childfree dalam tayangan vlog tersebut. berdasarkan teori wacana kritis dari Norman Fairclough. Yang diidentifikasi yakni pertama, analisis tekstual pada wacana childfree menurut sumber diskursif itu berupa pendapat gita savitri di tayangan vlog terhadap pada pasangan menikah. Kedua, analisis diskursif menunjukkan konstruksi wacana childfree dari tayangan vlog gita savitri yang menuai kontroversi pada masyarakat (Netizen) yang menanggapi pro maupun kontra. Ketiga, analisis praktik sosial ini lebih banyak tertuju pada kalangan publice figure yang lebih dominan untuk melakukan childfree. Memaang dalam prespektif islam dan kristen mempunyai ideologi menurut ajaran masing-masing dalam menyikapi wacana childfree di tayangan vlog gita savitri eps.32. karena sejatinya manusia punya hakikat dalam menjalankan sebuah syari’at sesuai agama masing-masing, sehingga alasan atau keputusan untuk melakukan childfree seharusnya lebih dipersiapkan dengan keputusan jelas antara pasangan suami istri dan bijaksana dalam melakukan suatu keputusan seperti itu agar tak mengakibatkan dampak negatif ataupun permasalahan dalam pernikahan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ja'farurromadhon, Mochammadromadhonyp@gmail.comE02219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, AkhmadUNSPECIFIED197708092009121001
Subjects: Agama
Perkawinan
Orang tua dan Anak
Keywords: Childfree; wacana kritis; dampak; prespektif Islam dan Kristen
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Mochammad Ja'farurromadhon
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:34
Last Modified: 18 Sep 2023 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65006

Actions (login required)

View Item View Item