Makna dan ajaran perguruan ilmu sejati di Desa Bambe Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syah, Haqiqi Firman (2023) Makna dan ajaran perguruan ilmu sejati di Desa Bambe Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haqiqi Firman Syah_E92219060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari makna dan ajaran Perguruan Ilmu Sejati di Desa Bambe, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Perguruan Ilmu Sejati ini merupakan Aliran Kepercayaan yang makna dan ajarannya perlu dipelajari bagaimana ajaran yang mereka ajarkan dan apa saja yang mereka pelajari. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana ajaran dan nilai-nilai budaya Perguruan Ilmu Sejati di Desa Bambe Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik? 2) Bagaimana sistem dan simbol budaya Perguruan Ilmu Sejati di Desa Bambe Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik?. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena membutuhkan pemahaman yag mendalam dan pengembangan teori, penelitian ini juga memerlukan pendekatan tematik untuk menggali informasi dengan detail dan akurat langsung dari sumbernya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis dari penelitian ini memberikan pemahaman secara mendalam terkait makna dan ajaran apa yang diajarkan dalam Perguruan Ilmu Sejati sehingga analisis ini dapat membantu untuk menjelaskan kepada masyarakat bagaimana makna dan ajaran apa yang diajarkan oleh Perguruan Ilmu Sejati kepada para pengkutnya. Ajaran Perguruan Ilmu Sejati yang mengajarkan tentang kebudayaan yang ada dalam surat Penget, dimana hanya dimiliki oleh kalangan Perguruan Ilmu Sejati sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syah, Haqiqi Firmanhaqiqifirmansyah6@gmail.comE92219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Budaya - Agama
Kebudayaan Jawa
Budaya
Keywords: Ajaran perguruan ilmu sejati
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Haqiqi Firman Syah
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:11
Last Modified: 29 Sep 2023 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65008

Actions (login required)

View Item View Item