Internalisasi nilai-nilai akhlak perspektif Kitab Bidayatul Hidayah dalam personality development santri di Pondok Pesantren Tanggir Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhlishotin, Muhlishotin (2023) Internalisasi nilai-nilai akhlak perspektif Kitab Bidayatul Hidayah dalam personality development santri di Pondok Pesantren Tanggir Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhlishotin_02050821052 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhlak merupakan landasan utama dalam Islam, karena Nabi Muhammad SAW diangkat sebagai Rasul Allah, semata-mata untuk menyempurnakan akhlak manusia. Akhlak merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan, tanpa akhlak manusia kehilangan harkat dan martabatnya sebagai pribadi yang mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Akhlak Perspektif Kitab Bidayatul Hidayah dalam Personality Development Santri Di Pondok Pesantren Tanggir Tuban. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yang diperoleh yaitu dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai akhlak perspektif Kitab Bidayatul Hidayah dalam Personality Development Santri Di Pondok Pesantren Tanggir Tuban ada tiga nilai akhlak. Nilai akhlak seorang santri ketika mencari ilmu dia harus selalu mengingat Allah, kedua, nilai akhlak seorang pendidik yaitu dia harus bertanggungjawab dan berwibawa, ketiga, nilai akhlak peserta didik yaitu peserta didik harus mempunyai sifat sopan santun dan tawadu’ khususnya terhadap kyai dan ustadz. Personality Development santri di Pondok Pesantren Tanggir Tuban mencakup empat pengembangan kepribadian. Pertama, pendidikan agama, Kedua, pembiasaan disiplin, Ketiga, pembiasaan beretika dan berakhlak mulia, keempat, pembiasaan kemandirian. Hasil Internalisasi Nilai-nilai Akhlak Perspektif Kitab Bidayatul Hidayah terhadap Personality Development Santri di Pondok Pesantren Tanggir Tuban diantaranya, pertama, Membentuk kepribadian yang bertanggung jawab, kedua Membentuk kepribadian yang berakhlak mulia, ketiga, Meningkatkan kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain, keempat, Meningkatkan kepercayaan diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhlishotin, Muhlishotinmuchlishohmm@gmail.com02050821052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFu'ad, Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Internalisasi nilai; Kitab Bidayatul Hidayah; personality development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhlishotin muhlishotin
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:51
Last Modified: 19 Sep 2023 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65018

Actions (login required)

View Item View Item