Pesan dakwah dalam novel Cinta 2 Kodi karya Asma Nadia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Irene Emma (2023) Pesan dakwah dalam novel Cinta 2 Kodi karya Asma Nadia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irene Emma Rachmawati_B91219103 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti, (1) Apa pesan dakwah yang disampaikan dalam novel “Cinta 2 Kodi” karya Asma Nadia? Skripsi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwasannya novel dapat dijadikan sebagai media dalam berdakwah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis tematik (thematic analysis). Data yang digunakan pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yakni sumber data primer dan sekunder. Penulis melakukan pencarian data dengan cara dokumentasi untuk ditelaah lebih lanjut dengan menggunakan argumentasi benda-benda tertulis seperti buku, jurnal, skripsi, situs-situs internet, dan lain sebagainya yang relevan dengan judul penelitian. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga macam pesan dakwah, yakni pesan akidah yang meliputi tawakkal, taqwa, istiqomah. Pesan akhlak yang meliputi sabar, ikhlas, syukur, rendah hati (tawadhu), ikhtiar. Pesan syariah meliputi sholat, do‟a, dan muamalah. Pesan yang paling menonjol dalam novel ini adalah pesan akhlak yang digambarkan melalui tokoh Aryani dan Kartika. Aryani adalah seorang ibu yang mempunyai empat anak, salah satunya Kartika. Aryani memiliki sifat yang tegas, berani menghadapi resiko dari sesuatu yang dipilihnya, dan tentunya berwatak sabar. Sifat-sifat Aryani jatuh pada gadis bungsunya yang bernama Kartika. Ia terpaksa menghadapi resiko yang muncul saat ia menuju ibadah pernikahan. Baik sebelum dan sesudah menikah, Kartika selalu dihadapkan oleh berbagai masalah. Tetapi ia selalu menghadapinya dengan pemikiran yang cerdas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Irene Emmaireneemma29@gmail.comB91219103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak > Akhlak Mulia
Komunikasi Dalam Islam
Keywords: Novel religi; pesan dakwah; media dakwah; analisis tematik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: irene rachmawati
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:35
Last Modified: 15 Sep 2023 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65020

Actions (login required)

View Item View Item