Pengelolaan dan pelaporan aset Wakaf Pondok Pesantren: studi pada Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan II Sumenep-Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Erhasah Nuril (2023) Pengelolaan dan pelaporan aset Wakaf Pondok Pesantren: studi pada Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan II Sumenep-Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erhasah Nuril Aini_G02218007 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus merupakan pendekatan untuk mengeskplorasi kehidupan nyata, dengan beragam sistem terbatas (berbagai kasus). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi yang dilakukan peneliti secara langsung di pondok pesantren Al-Amien Prenduan, kemudian melakukan wawancara secara terstruktur kepada tiga informan, yang mana informan tersebut ialah ustad yang memiliki beberapa tugas dan jabatan terkait aset wakaf dari pesantren Al-Amien Prenduan ini, dan melakukan dokumentasi untuk memperkuat pengumpulan data penelitian. Teknis analisis datanya menggunakan teknik dari Miles and Huberman yaitu ada tiga tahapan: pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga penarikan kesimpulan. Uji Validitas data menggunakan Triangulasi, yang mana Triangulasi yang digunakan yaitu Triangulasi waktu dimana peneliti melakukan wawancara di pagi hari disaat informan dalam keadaan bugar, dan menggunakan bahan referensi sebagai penguat hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian adalah Pengelolaan wakaf di pondok pesantren Al-Amien Prenduan ini di kelola oleh sebuah organisasi yaitu pelaksanaan pemeliharaan dan perluasan tanah wakaf (P3TW), yang mana banyak dari aset wakaf pondok ini berjalan dalam berbagai bidang usaha, yang mana hasil dari pengelolaan wakaf ini di putar kembali untuk mengembangkan wakaf yang lain. Dalam pelaporannya secara sederhana, diketahui bahwa aset wakaf pondok pesantren Al-Amien Prenduan ini belum menggunakan pelaporan yang sesuai dengan standart akuntansi syariah tentang akuntansi wakaf yaitu PSAK 112. Mereka menghandle pelaporan aset wakafnya menggunakan “stand book”. Stand book itu ber isikan kas keluar dan masuk saja. Selama penelitian, peneliti mendapatkan temuan baru bahwa Aset wakaf di dalam pondok pesantren Al-Amien Prenduan dapat diartikan sebagai kekayaan yang diperoleh atas dasar suatu barokah, kebarokahan inilah yang menjadikan pesantren tersebut besar dan diakui keberadaanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Erhasah Nurilerhasahnurilaini@gmail.comG02218007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com199007292019032022
Subjects: Akuntansi
Pesantren
Wakaf
Keywords: Pengelolaan; Pelaporan; Aset Wakaf; Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Erhasah Nuril Aini
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:00
Last Modified: 18 Sep 2023 06:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65023

Actions (login required)

View Item View Item