Pendidikan Agama Islam dalam keluarga buruh pabrik di area Ngoro Industrial Park Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashuda, Agus (2022) Pendidikan Agama Islam dalam keluarga buruh pabrik di area Ngoro Industrial Park Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agus Mashuda_F02318068 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Buruh Pabrik di Area Ngoro Industrial Park (NIP) adalah pendidikan agama Islam yang dilaksanakan dalam keluarga khususnya ibu yang bekerja sebagai buruh pabrik yang berada di lingkungan industri. Kesibukan orang tua sangat menyita waktu, akibatnya sangat sedikit waktu yang tersisa untuk memberikan pendidikan khususnya mendidik agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa latar belakang keagamaan, pendidikan, dan ekonomi keluarga buruh pabrik, 2) Bagaimana pola penerapan pendidikan agama Islam bagi anak keluarga buruh pabrik, 3) Apa kendala dan solusi penerapan pendidikan agama Islam dalam keluarga buruh pabrik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif yaitu terdiri dari tiga alur kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Latar belakang keagamaan, pendidikan yang mayoritas lulusan SMP-SMA, dan ekonomi orang tua yang serba terbatas dalam keluarga buruh pabrik juga menjadi salah satu faktor kurang maksimalnya penerapan pendidikan agama Islam dalam keluarga buruh pabrik. Pola penerapan pendidikan agama Islam yang dilaksakan oleh keluarga buruh pabrik di area Ngoro Industrial Park (NIP) adalah dengan pendekatan memberikan keteladanan, pembiasaan, nasihat-nasihat, pemberian perhatian, pemberian hadiah, dan pemberian hukuman. Dengan materi-materi dasar agama Islam tentang keimanan, ibadah shalat, akhlaqul karimah, Al-Qur’an, dan sejarah Islam. Kendala orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik di Area Ngoro Industrial Park (NIP) di Desa Wotanmas Jedong Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto ini adalah orang tua yang sibuk tiap hari bekerja sehingga waktu untuk anak-anaknya sangat terbatas, ketaatan anak terhadap orang tua, serta lingkungan anak yang kurang mendukung. Adapun solusinya adalah menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah yang berbasis agama atau madrasah, menitipkan anak-anaknya kepada lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada waktu sore hari, menfasilitasi sarana dan prasarana kebutuhan agama anak-anak, serta meluangkan sedikit waktu untuk menasehati anak-anak ketika orang tua berada di rumah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashuda, Agusagusmashuda2@gmail.comF02318068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalik, Mohamadalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Materi
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Keluarga Buruh Pabrik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Mashuda
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:21
Last Modified: 21 Sep 2023 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65025

Actions (login required)

View Item View Item