Pemberdayaan anggota kelompok yasin tahlil melalui pemanfaatan sampah plastik menjadi tas belanja di Kampung Ngagel Rejo Utara Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mayangsari, Hestin (2023) Pemberdayaan anggota kelompok yasin tahlil melalui pemanfaatan sampah plastik menjadi tas belanja di Kampung Ngagel Rejo Utara Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hestin Mayangsari_B02216019 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pemberdayaan Masyarakat Kampung Ngagel Rejo Utara, terkait aset lokal berupa sampah plastik yang diinovasi menjadi tas belanja. Pemberdayaan masyarakat melalui inovasi pengelolaan sampah plastik ini bertujuan dalam meningkatkan pendapatan dan kemandirian masyarakat, sehingga aset yang ada di kampung dapat termanfaatkan. Penelitian ini berfokus pada yang pertama, yakni membentuk jamaah yasin tahlil Miftahul Jannah yang kreatif. Kedua mendirikan rasa percaya kepada kelompok jamaah yasin tahlil Miftahul Jannah dalam memanfaatkan aset. Ketiga, mengorganisir aset atau potensi sehingga dapat mengembangkan perekonomian masyarakat Kampung Ngagel Rejo Utara. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) yakni pendekatan melalui aset yang mereka miliki dengan lima tahapan yakni Discovery (menemukan aset), Dream (menyusun impian) , Design (merancang aksi), Define (memastikan aksi berjalan sesuai rencana), dan Destiny (monitoring dan evaluasi). Pendampingan selama kurang lebih 2 bulan kepada Masyarakat memberikan hasil, diantaranya : masyarakat lebih menyadari mengenai asset di sekelilingnya, masyarakat mampu mengelolah sampah plastik menjadi produk yang bernilai ekonomis, dan skill yang dimiliki oleh Masyarakat dapat berkembang. Pendampingan selama kurang lebih 2 bulan kepada anggota kelompok jamaah yasin tahlil Miftahul Jannah memberikan hasil, diantaranya : masyarakat lebih menyadari mengenai aset di sekelilingnya, masyarakat mampu mengelolah sampah plastik menjadi produk yang bernilai ekonomis, dan skill yang dimiliki oleh anggota kelompok yasin tahlil Miftahul Jannah dapat berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mayangsari, Hestinhestinmayangsari12@gmail.comB02216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Daur Ulang
Keterampilan
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pemanfaatan sampah plastik; kelompok yasin tahlil Miftahul Jannah; Peningakatan Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: S.Sos Hestin Mayangsari
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:58
Last Modified: 18 Sep 2023 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65027

Actions (login required)

View Item View Item