Implementasi kebijakan dana Desa dan dampaknya bagi kesejahteraan masyarakat di Desa Kedunglerep, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Shohibul (2023) Implementasi kebijakan dana Desa dan dampaknya bagi kesejahteraan masyarakat di Desa Kedunglerep, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shohibul Islami_I03216025 Ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1.Bagaimana Implementasi kebijakan-kebijakan dana desa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kedunglerep. 2. Bagaimana Dampak dari Implementasi Kebijakan-kebijakan Dana Desa untuk Masyarakat Desa Kedunglerep dan dampak bagi Kesejahteraannya. Landasan teori yang digunakan adalah Teori Struktural Fungsional AGIL Talcott Parson. Dimana teori Talcott Parson ini mengandai keselarasan suatu sistem dalam mencapai tujuannya, Pemerintahan desa dan masyarakatnya harus sesuai dengan tahap-tahap yang saling berkaitan dengan sistem sosial, sistem sosial ini dalam teori struktural fungsional AGIL Talcott Parson harus mencapai 4 tahapan, yaitu Adaptation (Adaptasi), Goal Attaiment (Pencapaian Tujuan), Integration (Integrasi), Latency (Pemeliharaan Pola). Metode penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penggunaan metode penelitian ini berarti peneliti mengumpulkan data melalui wawancara dengan informan. Hasil dari wawancara tersebut lalu dideskripsikan dan dianalisa menggunakan teori yang telah dipilih. Dari hasil penelitian ini, dengan penggabungan dari data lapangan dan teori dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan dana desa di Desa Kedunglerep sudah berjalan sesuai dengan aturan PERMENDesPDTT No.8 tahun 2022-2023 dan musyawarah desa yang tersusun dan disepakati di RKPDes ( Rencana Kerja Pemerintah Desa). Akan tetapi, implementasi kebijakan dana desa di Desa Kedunglerep diaplikasikan dengan kebijakan sentralisasi keranah bidang pertanian, sehingga ranah bidang-bidang yang lain kurang diperhatikan dan terabaikan. Kebijakan satu arah dengan upaya pemaksimalan pembangunan akan berdampak timpangnya pembangunan di semua ranah bidang yang lain, yang tidak disadari oleh masyarakat Desa Kedunglerep. Masyarakat Desa kedunglerep dengan sentralisasi merasakan dampak positif dari kebijakan-kebijakan dana desa oleh pemerintah Desa Kedunglerep. Dampak negatif dari sentralisasi yang direspon positif oleh masyarakat Desa Kedunglerep, akan menjadikan ranah-ranah sentral lainnya seperti ranah pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan akan tertinggal yang menjadi salah satu faktor penghambat kemajuan Desa dan kesejahteraan Masyarakat Desa dikedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Shohibulshokibulitachi18@gmail.comI03216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Kebijakan Publik
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Kebijakan; Dana Desa; dan Kesejahteraan Masyarakat.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Shohibul Islami
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:45
Last Modified: 18 Sep 2023 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65030

Actions (login required)

View Item View Item