Konseling islam dengan menggunakan terapi dzikir asmaul husna untuk mereduksi kecemasan lansia setelah melakukan karantina mandiri di desa Lubuk Sebontan kecamatan Muara Papalik kabupaten Tanjung Jabung Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akhwaini, Muflikhah (2022) Konseling islam dengan menggunakan terapi dzikir asmaul husna untuk mereduksi kecemasan lansia setelah melakukan karantina mandiri di desa Lubuk Sebontan kecamatan Muara Papalik kabupaten Tanjung Jabung Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muflikhah Akhwaini_B73218100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muflikhah Akhwaini, NIM B73218100. 2022. Konseling Islam dengan menggunakan Terapi dzikir asmaul husna untuk mereduksi kecemasan lansia setelah melakukan karantina mandiri didesa Lubuk Sebontan Kecamatan Muara papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Titik Focus penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses Konseling Islam dengan menggunakan Terapi dzikir asmaul husna untuk mereduksi kecemasan lansia setelah melakukan karantina mandiri didesa Lubuk Sebontan Kecamatan Muara papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat ? 2.Bagaimana hasil Konseling Islam dengan menggunakan Terapi dzikir asmaul husna untuk mereduksi kecemasan lansia setelah melakukan karantina mandiri didesa Lubuk Sebontan Kecamatan Muara papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat? Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis studi kasus pada seorang lansia yang mengalami kecemasan setelah melakukan karantina mandiri. Peneliti mengumpulkan dan mendapatkan data berdasarkan wawancara serta observasi yang juga dibantu oleh informan agar mendapatan data yang mendalam. Peneliti mengetahui adanya perubahan perilaku dan perasaan konseli dari wawancara setelah pemberian terapi dan konseling.. Hasil pemberian terapi dzikir asmaul husna dan konseling islam adalah berkurangnya gejala dan dampak kecemasan dari konseli. Hal ini dibuktikan dari perbandingan data wawancara dengan konseli maupu informan dari sebelum dan sesudah diberikan terapi. Konseli lebih merasakan ketentraman dan ketenangan batin, tidak menarik diri dari lingkungan sekitar, dan merasakan bahwa dirinya selalu didekat Allah dan selalu di lindungi Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akhwaini, Muflikhahmuflikhahakhwaini25@gmail.comB73218100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil-2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling islam; terapi dzikir asmaul husna; kecemasan; lansia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muflikhah Akhwaini
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:53
Last Modified: 10 Oct 2023 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65044

Actions (login required)

View Item View Item