Pengembangan dan implementasi kurikulum muadalah di Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zul Fadli, Muhammad (2023) Pengembangan dan implementasi kurikulum muadalah di Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zul Fadli_F02319072.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah lembaga muadalah di Pondok Tremas ini termasuk memiliki banyak siswa dari berbagai daerah yang lulusannya tersebar diberbagai Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Muadalah yang masih sangat menjaga nilai-nilai khas kepesantrenan yang dengan kurikulumnya mampu menjawab tantangan kebutuhan masyarakat dalam kehidupannya. Pengkajian model pengembangan dan implementasi kurikulum muadalah pada Lembaga Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan sehingga dapat bertahan dan menunjukkan eksistensimnya pada era modern. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Model Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan dan Implementasi Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan menganalisis data adalah observasi lapangan, wawancara, dokumentasi dengan analisis melalui reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi, keabsahan data dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan kurikulum muadalah di Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan menggunakan beberapa landasan, yaitu: landasan filosofis, landasan yuridis dan landasan sosiologis. Pada model pengembangan kurikulum menggunakan model Grass Roots. 2) Secara umum implementasi.kurikulum muadalah di Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan meliputi: pentingnya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran yang di dalamnya meliputi: persiapan pembelajaran di kelas, pelaksanaan pembelajaran di kelas, penerapan metode pembelajaran dan kegiatan akhir pembelajaran, dan sistem evaluasi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zul Fadli, Muhammadhumaeedahmad@gmail.comF02319072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Pendidikan > Pesantren
Keywords: Pengembangan kurikulum muadalah; implementasi kurikulum muadalah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Zul Fadli
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:35
Last Modified: 20 Sep 2023 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65050

Actions (login required)

View Item View Item