Rasionalitas dan Mistisisme: studi tentang pandangan masyarakat Desa Sidomukti Brondong Lamongan terhadap pawang hujan dalam perspektif tindakan sosial Max Weber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Patriciansyah, Rahmad Vezza zildan (2023) Rasionalitas dan Mistisisme: studi tentang pandangan masyarakat Desa Sidomukti Brondong Lamongan terhadap pawang hujan dalam perspektif tindakan sosial Max Weber. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmad Vezza Zildan Patriciansyah_E01219033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki judul “Rasionalitas dan Mistisisme (Studi tentang Pandangan Masyarakat Desa Sidomukti Brondong Lamongan terhadap Pawang Hujan dalam perspektif Tindakan Sosial Max Weber)”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat Desa Sidomukti terkait tradisi pawang hujan dan keyakinan tersebut termasuk dalam keempat tindakan sosial Max Weber. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang terfokus pada pengamatan mendalam terhadap objek penelitian, sumber data yang dimuat pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder, data tersebut diperoleh secara langsung dari masyarakat Desa Sidomukti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga dapat dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Sidomukti mayoritas meyakini adanya jasa pawang hujan akan tetapi terdapat sebagian masyarakat tidak meyakini pawang hujan, disebabkan karena lingkungan yang tidak mengenalkan tradisi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka peneliti memberikan saran kepada Kepala Desa Sidomukti dan tokoh agama setempat supaya memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat Desa Sidomukti terkait manfaat dan pandangan positif tradisi pawang hujan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Patriciansyah, Rahmad Vezza zildanrahmavezzazildan@gmail.comE01219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Filsafat
Masyarakat
Budaya
Keywords: Rasionalitas; mistisisme; masyarakat; pawang hujan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rahmad vezza Zildan Patriciansyah
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:40
Last Modified: 29 Sep 2023 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65058

Actions (login required)

View Item View Item