Focal point for women in political party: studi peningkatan keterwakilan perempuan di DPW PKS Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayu, Rara Iftitah May Rain (2023) Focal point for women in political party: studi peningkatan keterwakilan perempuan di DPW PKS Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rara Iftitah May Rain Ayu_I01219026 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tema penelitian ini diusung oleh penulis bermula dari rendahnya partisipasi perempuan dari DPW PKS Jawa Timur di DPRD Jawa Timur. Penelitian ini terfokus untuk menjawab, Bagaimana agenda PKS dalam meningkatkan keterwakilan serta penguatan perempuan di partai politik? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggali mengenai pengarusutamaan gender yang dilakukan oleh PKS dalam meningkatkan keterwakilan perempuan pada penguatan kelembagaan partai politik. Kerangka kerja konseptual yang dipilih oleh penulis yang pertama strategi pengarusutamaan gender, dan pengarusutamaan gender di partai politik. Dalam rangka menjawab rumusan masalah diatas, pendekatan yang dipilih yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi dari beberapa literatur yang sesuai dengan penelitian ini. Teori yang digunakan yaitu Teori Pengarusutamaan Gender oleh Sylvia Walby dan Mekanisme rekrutmen oleh Joni Lovenduski. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini yaitu bahwa DPW PKS Jawa Timur memiliki bidang yang memuat khusus untuk perempuan yakni Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga. Bidang tersebut adalah agenda dari PKS untuk meningkatkan keterwakilan perempuan, meskipun begitu bidang tersebut kurang dalam melakukan branding sampai ke akar rumput yang menyebabkan kurang terkenalnya program-program yang digagas oleh bidang ini, dan wadah untuk perempuan berkembang hanya sampai pada Bidang tersebut saja hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Ani Soetjipto. PKS sudah memenuhi ambang batas 30% dalam keanggotaannya, tetapi pada setiap bidang masih ada beberapa yang belum memenuhi keterwakilan perempuan. PKS memiliki program responsif gender sendiri yaitu Peningkatan Kapasitas Anggota Perempuan, hal tersebut dilakukan PKS agar kader perempuannya siap dalam terjun ke masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh PKS. PKS melakukan rekrutmen melalui pendekatan mereka terhadap keluarga, rekan, dan juga tetangga. Lebih dari itu PKS juga memiliki form pendaftaran anggota yang dapat diakses online, menurut penulis hal tersebut merupakan inisiasi yang baik dari PKS tetapi penyeleksian anggota dari PKS dirasa kurang oleh penulis. Terakhir PKS juga memiliki strategi yang digagas untuk mempersiapkan kader mereka pada pemilu 2024 yaitu bagaimana mengelola relawan, diklat pendulangan dan pemenangan suara, dan juga melek digital untuk menekan biaya kampanye yang membengkak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayu, Rara Iftitah May Rainraraiftitahmayrainayu@gmail.comI01219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com196909071994032001
Subjects: Gender
Partai Politik
Keywords: Strategi pengarusutamaan gender; DPW PKS Jawa Timur; partai politik; keterwakilan perempuan; gender
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Rara Iftitah May Rain Ayu
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:25
Last Modified: 25 Sep 2023 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65059

Actions (login required)

View Item View Item