Pengaruh pinjaman modal kerja, tingkat suku bunga kredit, dan kredit macet terhadap profitabilitas BPR Provinsi Jawa Timur pada masa pasca pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irlanda, Fidyalita Hariyanto (2023) Pengaruh pinjaman modal kerja, tingkat suku bunga kredit, dan kredit macet terhadap profitabilitas BPR Provinsi Jawa Timur pada masa pasca pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irlanda Fidyalita Hariyanto_G72219048 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena adanya pandemi Covid-19 salah satunya yang menyebabkan menurunya ekonomi di daerah, khusunya di provinsi Jawa timur. Peran Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jawa Timur membawa peran positif bagi perekonomian daerah tersebut pada saat terjadinya pandemic Covid-19. Dengan adanya dampak pandemi covid-19 juga membawa dampak kepada para nasabahnya yaitu mereka kesulitan dalam pengembalian kewajiban yang mereka telah sepakati bersama, sehingga mengakibatkan timbulnya kredit macet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel pinjaman modal kerja, tingkat suku bunga kredit, dan kredit macet pengaruhnya secara parsial terhadap profitabilitas BPR di provinsi Jawa Timur pada masa pasca covid-19 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang bersumber dari laporan publikasi BPR Konvensional, Laporan perkembangan pinjaman modal kerja BPR pada Statistik Ekonomi dan Keuangan (SEKI) Bank Indonesia, dan laporan Statistika Perbankan Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pinjaman modal kerja, tingkat suku bunga kredit, dan kredit macet terhadap profitabilitas BPR pada masa pasca pandemi covid-19 secara parsial. Hasil dari penelitian ini menjelaskan secara parsial bahwasannya variabel pinjaman modal kerja tidak berpengaruh terhadap profitabilitas BPR provinsi Jawa Timur, sedangkan variabel tingkat suku bunga kredit berpengaruh terhadap profitabilitas BPR provinsi Jawa Timur, dan variabel kredit macet tidak berpengaruh terhadap profitabilitas BPR provinsi Jawa Timur pada masa pasca pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan diatas, diharapkan pihak Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam aktivitas penyaluran kredit harus lebih dioptimalkan lagi, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan atau profitabilitas yang diperolehnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irlanda, Fidyalita Hariyantoirlandalita@gmail.comG72219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Akuntansi
Keywords: Pinjaman Modal Kerja; Tingkat Suku Bunga Kredit; Kredit Macet; Profitabilitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Irlanda Fidyalita Hariyanto
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:14
Last Modified: 20 Sep 2023 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65064

Actions (login required)

View Item View Item