Analisis semiotik pesan dakwah dalam video klip lagu Medley Ummi X Ibu (Sakha)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arridho, Adlan (2023) Analisis semiotik pesan dakwah dalam video klip lagu Medley Ummi X Ibu (Sakha). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adlan Arridho_B71218045 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pesan dakwah yang terdapat pada video klip cover lagu medley Ummi x Ibu (Sakha) di channel YouTube Yayasan Al-Jihad Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Semiotik model Charles Sanders Peirce. Penulis melakukan penelitian dengan mengamati video klip cover lagu medley Ummi x Ibu (Sakha) di channel YouTube Yayasan Al-Jihad Surabaya sekaligus mengambil dokumentasi scene-scene yang terpilih untuk diteliti dan juga melakukan wawancara dengan produser. Dari hasil analisis, penelitian ini menunjukkan pesan dakwah yang divisualisasikan dalam sepuluh scene video klip tersebut di antaranya, scene pertama, adalah berta’aruf dan bersilaturahmi; kedua, pesan dakwah dalam scene dua adalah bermusyawarah; ketiga, scene ketiga, Ibu adalah madrasah yang pertama bagi anak; keempat, scene keempat adalah kasih sayang Ibu kepada anaknya; kelima, scene kelima adalah senyum dan ramah; keenam, scene keenam adalah mendahulukan yang kanan; ketujuh, scene ketujuh adalah tiada kata terlambat untuk mencari ilmu dan mencari ilmu dari lahir hingga liang lahat; kedelapan, scene kedelapan adalah mencium tangan orang tua atau orang yang dihormatinya; kesembilan, scene sembilan adalah memberi hadiah; kesepuluh, scene sepuluh adalah penghormatan anak kepada orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arridho, Adlanadlanarridho@gmail.comB71218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Semiotika
Keywords: Pesan dakwah; video klip; YouTube
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Adlan Arridho
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:08
Last Modified: 18 Sep 2023 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65065

Actions (login required)

View Item View Item