Strategi koeksistensi komunitas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Elda Alfiana (2023) Strategi koeksistensi komunitas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elda Alfiana Putri_E72219039 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengeumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang di pakai adalah Miles dan Huberman. Selain itu, penulis menggunakan pendekatan sosio- historis untuk menggambarkan tentang fenomena sejarah, perkembangan dan respon masyarakat Desa Banjar Kemuning terhadap keberadaan LDII, dan untuk memahami tantangan dan respon yang ada di antara masyarakat Desa Banjar Kemuning dan kelompok LDII. Penelitian ini menemukan bahwa (a) bentuk-bentuk koeksistensi LDII di Desa Banjar Kemuning meliputi: i) koeksistensi LDII dengan pemerintah yaitu di bidang politik, keikutsertaan LDII dalam aspek politik ini pernah menjadi bagian satu organisasi partai politik yang bersikap monoloyalitas (setia) terhadap partai. ii) koeksistensi LDII dalam bidang pendidikan yaitu dalam pembelajaran keagamaan di Desa Banjar Kemuning untuk membangun sikap toleransi pada warga NU sendiri. iv) koeksistensi dalam bidang kebudayaan yaitu agama dalam konteks budaya melakukan pemaknaan nilai di suatu masyarakat dengan budaya Di Desa Banjar Kemuning yang dilaksankan secara turun temurun yaitu upacara nyadran (petik laut). Sedangkan, (b) strategi koeksistensi LDII di Desa Banjar Kemuning adalah i) strategi koeksistensi jamaah LDII dalam membina jamaahnya yaitu strategi mengadakan beragam pengajian yang dilaksanakan setiap harinya antara lain: pengajian rutin, pengajian cabe rawit, pengajian generus, pengajian muda-mudi, pengajian ibu-ibu, pengajian pengurus, pengajian muballigh/muballighat, pengajian lansia, dan pengajian tamabahan lainnya. ii) strategi koeksisitensi jamaah LDII terhadap hubungan atau interaksi dengan masyarakat yang mayoritas NU di Desa Banjar Kemuning, iii) sikap yang di tunjukkan warga Desa Banjar Kemuning untuk kehadiran LDII beserta ajarannya, iv) faktor pendukung dan penghambat strategi koeksistensi jamaah LDII DI Desa Banjar Kemuning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Elda Alfianaeldaalfiana60@gmail.comE72219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Dakwah > Dakwah - Islam
Keywords: Koeksistensi; LDII; Bentuk-bentuk; Strategi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Elda Alfiana Putri
Date Deposited: 18 Sep 2023 12:46
Last Modified: 18 Sep 2023 12:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65067

Actions (login required)

View Item View Item