Studi komparasi hisab gerhana bulan dalam buku Formulasi Hisab Gerhana Bulan karya Alfan Maghfuri dengan Astronomical Algorithms karya Jean Meeus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luntajo, Muhammad Zhafir Ar-razi Rafliansyah (2023) Studi komparasi hisab gerhana bulan dalam buku Formulasi Hisab Gerhana Bulan karya Alfan Maghfuri dengan Astronomical Algorithms karya Jean Meeus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zhafir A. R. Luntajo_C06218008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah. Pertama, Bagaimana hisab gerhana Bulan metode Bessel yang terdapat dalam buku Formulasi Hisab Gerhana Bulan Karya Alfan Maghfuri dan Buku Astronomical Algorithms Karya Jean Meeus. Kedua, bagaimana komparasi hisab gerhana Bulan dalam Buku Formulasi Hisab Gerhana Bulan Karya Alfan Maghfuri dan Buku Astronomical Algorithms Karya Jean Meeus. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Data primer diperoleh dari dua buku yaitu buku Formulasi Hisab Gerhana Bulan Karya Alfan Maghfuri dan buku Astronomical Algorithms karya Jean Meeus. Sumber sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen yang membahas seputar gerhana bulan, mulai dari buku dan karya tulis ilmiah yang relevan dan berhubungan dengan topik penelitian. Dua metode perhitungan gerhana Bulan tersebut memiliki tingkat kerumitan yang sama begitu juga dengan tingkat keakuratan, masing-masing metode memiliki cara yang berbeda dalam menghitung dan memprediksi gerhana Bulan. Metode Bessel yang dimuat dalam buku Formulasi Hisab Gerhana Bulan karya Alfan Maghfuri memfokuskan perhitungan pada efek gravitasi planet-planet untuk meningkatkan akurasi prediksi gerhana Bulan, sedangkan Algoritma Jean Meeus lebih cenderung melakukan pendekatan secara matematis yang kompleks dan lebih mempertimbangkan kondisi atmosfer Bumi. Metode perhitungan gerhana Bulan Astronomical Algorithms karya Jean Meeus maupun metode buku Formulasi Hisab Gerhana Bulan karya Alfan Maghfuri memiliki hasil perhitungan yang hampir sama walaupun ada beberapa hasil perhitungan yang memiliki selisih, namun tidak terlalu jauh berbeda. Adapun selisih terbesar dari hasil perhitungan yakni hanya dalam hitungan menit dan detik saja. Dikarenakan dalam perhitungan gerhana Bulan banyak menggunakan persamaan rumus yang kompleks juga langkah-langkah yang rumit, disarankan untuk menghitung dengan menggunakan instrumen pendukung contohnya seperti menggunakan program komputer dan alat bantu lainnya. Hal ini guna mengantisipasi kesalahan pada proses perhitungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luntajo, Muhammad Zhafir Ar-razi Rafliansyahmuhammad.luntajo@gmail.comC06218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Astronomi
Falak
Keywords: Gerhana bulan; formulasi hisab; alfan maghfuri; astronomical algorithms; jean meeus
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Zhafir Ar-razi Rafliansyah Luntajo
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:56
Last Modified: 22 Sep 2023 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65071

Actions (login required)

View Item View Item