Pengembangan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3 MI Al Karim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afianah, Vina Nur (2023) Pengembangan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3 MI Al Karim Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Nur Afianah_02041020018 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan Media Infografis, kevalidan Media Infografis, dan keefektifan hasil pengembangan Media Infografis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 3 MI Al-Karim Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah 26 siswa kelas 3 MI Al-Karim Surabaya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi serta tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatifdeskriptif, analisis validitas dan analisis efektifitas. Pengembangan media Infografis ini menghasilkan produk berbasis audio visual, desain disesuaikan dengan teori perkembangan kognitif siswa dan kebutuhan siswa, serta diperbaiki berdasarkan saran-saran para ahli. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa media Infografis dari aspek media mendapatkan nilai rata- rata 84,7%, aspek materi 85%, dan Praktisi Pembelajar 90% yang berada pada kategori sangat valid/layak. Sedangkan dilihat dari hasil prestasi belajar siswa, media Infografis dinyatakan efektif. Hasil uji independent sample t test menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, berarti terdapat perbedaan rata-rata antara hasil prestasi belajar siswa untuk kelompok eksperimen (media Infografis) dan kelompok kontrol (konvensional). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media Infografis lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afianah, Vina Nurvinaafianah12@gmail.com02041020018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSoraya, Irmamozafyr@yahoo.com2030096901
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pengembangan; infografis; prestasi belajar; pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vina Nur Afianah
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:36
Last Modified: 19 Sep 2023 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65087

Actions (login required)

View Item View Item