PENDIDIKAN ISLAM MENGUBAH TAQDIR MENERIMA QADLA PENDEKATAN FIQIH TARBIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Ahmad (2015) PENDIDIKAN ISLAM MENGUBAH TAQDIR MENERIMA QADLA PENDEKATAN FIQIH TARBIYAH. In: Prosiding Halaqah Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan Islam, 23 - 24 Mei 2014, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover Prosiding.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
30. Pendidikan Islam.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan sempat ramai oleh munculnya banyak aliran yang berkaitan dengan potensi manusia menerima pendidikan. Aliran-aliran tersebut antara lain:
1. Empirisme
Yaitu suatu aliran yang beranggapan, bahwa manu–sia itu dalam perkembangan pribadinya semata-mata ditentukan oleh dunia di luar dirinya. Se–dangkan pengaruh-pengaruh dari dalam (faktor keturunan) dianggapnya tidak ada. Pelopor aliran ini ialah John Locke (1632-1704) dari Inggris dengan teorinya “Tabula Rasa”.
2. Nativisme
Aliran ini dipelopori oleh Arthur Schopenhour dari Jerman (1788-1860) yang berkeyakinan bahwa anak yang baru lahir membawa bakat kesanggupan dan sifat-sifat tertentu. Dan inilah yang aktif menentukan pertumbuhan dan kemajuan anak tersebut. Pendi–dikan dan lingkungan tidak berpengaruh dan tidak berkuasa.
3. Konvergensi
Teori ini merupakan kompromi atau kombinasi Nativisme dengan Empirisme, yang menyatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan manusia itu tergantung pada dua faktor, yaitu faktor bakat (pembawaan) dan faktor lingkungan pengalaman (pendidikan). Tokoh aliran ini adalah William Stern (1871-1938), yang mengatakan: “kemungkinan-
kemungkinan yang dibawa lahir itu adalah petunjuk-petunjuk nasib dengan ruangan permainan. Dalam ruangan per–mainan itulah letaknya pendidikan dalam arti seluas-luasnya. Tenaga-tenaga dari luar dapat menolong, tetapi bukanlah ia yang menyebabkan pertumbuhan itu, ka–rena ini datangnya dari dalam yang mengandung dasar keaktifan dan tenaga pendorong”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Islam; Fikih Tarbiyah
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:04
Last Modified: 13 Apr 2016 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item