Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan anggaran pada Puskesmas Ganting kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Tisyatul (2023) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan anggaran pada Puskesmas Ganting kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tisyatul Aulia_G72219074.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penyerapan anggaran merupakan salah satu topik yang menarik untuk diteliti karena untuk mengukur kinerja dari suatu organisasi. Selain itu, juga digunakan untuk meminimalisir permasalahan yang sering terjadi di organisasi sektor publik, seperti lambatnya penyerapan anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pencatatan administrasi, kompetensi sumber daya manusia, dan komitmen manajemen terhadap penyerapan anggaran pada Puskesmas Ganting Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan Puskesmas Ganting. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 dengan menggunakan teknik sampel total atau sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 27. Hasil penelitian uji parsial menunjukkan bahwa perencanaan anggaran tidak berpengaruh terhadap penyerapan anggaran. Pelaksanaan anggaran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan anggaran. Sedangkan, pencatatan administrasi, kompetensi sumber daya manusia, dan komitmen manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan anggaran. Secara simultan kelima variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Puskesmas Ganting agar menerapkan mekanisme reward atau punishment agar karyawan Puskesmas Ganting lebih termotivasi untuk mengelola anggaran dengan baik. Selain itu, disarankan untuk mengurangi perangkapan jabatan/tugas agar setiap individu lebih fokus dan maksimal dalam mengerjakan satu tugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Tisyatultisyatul2702@gmail.comG72219074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Administrasi
Akuntansi
Manajemen
Keywords: Perencanaan anggaran; pelaksanaan anggaran; pencatatan administrasi; kompetensi sumber daya manusia; komitmen manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Tisyatul Aulia
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:41
Last Modified: 25 Sep 2023 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65098

Actions (login required)

View Item View Item