Strategi pemasaran Syariah dalam menarik minat Nasabah pada produk pensiun berkah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Sidoarjo Ahmad Yani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulistiawati, Sulistiawati (2023) Strategi pemasaran Syariah dalam menarik minat Nasabah pada produk pensiun berkah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Sidoarjo Ahmad Yani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Sulistiawati_G04219076 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran syariah yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Sidoarjo Ahmad Yani dalam meningkatkan minat nasabah pensiun berkah apakah sudah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam memasarkan produk pensiun berkah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research) dimana penelitian ini dilakukan langsung oleh peneliti pada objek untuk mendapatkan data yang relevan. Metode penelitian ini menggabungkan instrumen wawancara serta analisis dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. Data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang telah didapat dari penelitian kemudian diolah dengan menggunakan metode triangulasi sumber sebagai dasar dalam menarik kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Sidoarjo Ahmad Yani dalam memasarkan produk pensiun berkah menggunakan strategi pemasaran dengan menerapkan karakteristik pemasaran syariah yang terdiri dari Teistis (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyah) dimana akhlak yang dimiliki para staaf Bank BSI KCP Sidoarjo Ahmad Yani sesuai dengan core values yang ditetapkan oleh BUMN, Realistis (Al-waqqiyah), dan Humanistis (Insaniyyah). Bank BSI KCP Sidoarjo Ahmad Yani juga menggunakan strategi pemasaran marketing mix atau bauran pemasaran 4P yang terdiri dari product, price, place, dan promotion melalui personal selling, brosur, open table dan media sosial. Faktor pendukung pemasaran produk pensiun berkah yaitu keunggulan produk sangat banyak, proses pengajuan pembiayaan sangat cepat, data nasabah seperti nomor dan alamat rumah memudahkan saat para marketing dalam melakukan kegiatan promosi. Sedangkan faktor penghambat yaitu minimnya pengetahuan masyarakat tentang Bank BSI, promosi kurang maksimal, data nasabah tidak lengkap.Melalui penelitian ini diharapkan agar Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Sidoarjo Ahmad Yani lebih meningkatkan kegiatan promosi dalam memasarkan produk pensiun berkah dengan cara periklanan melalui sosial media seperti Instagram Adds dan melalui konten-konten tiktok yang sangat kreatif dan semenarik mungkin. BSI juga bisa melakukan promosi melalui media cetak seperti koran dan majalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulistiawati, Sulistiawatisulis738@gmail.comG04219076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasya, Maziyah Mazzamaziyah.mazza@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: strategi pemasaran syariah; bauran pemasaran; pensiun berkah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sulis Sulistiawati Sulistiawati
Date Deposited: 19 Sep 2023 05:44
Last Modified: 19 Sep 2023 05:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65102

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item