Penentuan durasi malam untuk menentukan waktu salat malam menggunakan data kecerlangan langit malam di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Putri Nur (2023) Penentuan durasi malam untuk menentukan waktu salat malam menggunakan data kecerlangan langit malam di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nur Rohmah_C96219063.pdf

Download (5MB)

Abstract

Menentukan waktu salat malam menggunakan data kecerlangan langit malam merupakan satu diantara pembahasan yang lumayan dikenal di ruang lingkup Ilmu Falak. Ditunjang dengan penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan kualitas langit malam menggunakan data dengan interval 4 jam dari tengah malam. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam rumusan masalah yaitu bagaimana penentuan durasi malam menggunakan data kecerangan langit malam? Serta bagaimana penentuan waktu salat malam berdasarkan durasi malam? Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatis yang memakai teknik pengamatan lapangan (field Research) dengan data primer berasal dari SQM dan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, artikel serta sumber-sumber lain yang membahas tentang penelitian ini untuk mendapatkan data yang valid. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara pengamatan menggunakan SQM yang telah terpasang dalam jangkah waktu 5 Bulan dimana data yang diperoleh dari pengamatan akan diolah menjadi sebuah grafik, kemudian untuk analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui durasi malam dan waktu salat malam. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis menyimpulkan bahwa: pertama berdasarkan 17 data yang diperoleh dalam penentuan titik belok awal malam dan awal munculnya fajar menggunakan perhitungan 24- awal malam +awal munculnya fajar dapat menghasilkan durasi malam dalam sehari semalam di Surabaya terjadi kurang lebih 9 jam lamanya. Kedua berdasarkan perhitungan durasi malam yang diperoleh dapat diketahui batasan salat malam dari sepertiga malam pertama hingga sepertiga malam terakhir terjadi kurang lebih 3 jam lamanya. Sejalan dengan kesimpulan diatas penulis menyarankan agar dilakukan penelitian adalah untuk melakukan penelitian secara bertahap dan berkelanjutan dan mengambil lebih banyak lagi data dengan kondisi langit yang stabil sehingga mengetahui durasi malam pada Bulan di Surabaya. Serta bagi masyarakat daerah Surabaya sekitarnya yang melaksanakan salat malam agar tidak sepenuhnya menggunakan jadwal waktu salat yang dikeluarkan oleh Bimnas Kemenag RI karena terdapat selisih dalam penentuannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Putri Nurputrinurr007@gmail.comC96219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSopwan, Novisopwan@uinsby.ac.id2021118402
Subjects: Astronomi
Hukum Islam
Falak
Keywords: Penentuan durasi malam; waktu salat malam; data kecerlangan langit malam; ilmu falak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Putri Nur Rohmah
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:47
Last Modified: 26 Sep 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65109

Actions (login required)

View Item View Item