Analisis strategi fundraising terhadap syariah complience di lembaga kotak amal Indonesia cabang Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Moch. Bahrul (2022) Analisis strategi fundraising terhadap syariah complience di lembaga kotak amal Indonesia cabang Kediri. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Bahrul Hadi_G74215081.pdf

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana prinsip syariah dalam hal ini Syariah Compliance (kepatuhan syariah) pada lembaga amil zakat KOTAK AMAL INDONESIA CABANG KEDIRI ketika melakukan Fundraising atau dalam penghimpunan dana donasi. Prinsip-prinsip syariah tersebut diantaranya prisip-prinsip adl (adil), tawazun (seimbangan) dan universalisme (alamiyah), dalam traksaksi juga tidak boleh mengandung Riba, Maysir, Gharar, Objek haram dan Zalim untuk mencapai prinsip-prinsip syariah (Maqashid Syariah) atau nilai maslahah, yang dimana nilai ini yang berarti semua aktivitas dapat memberi manfaaat bagi semua pihak bukan hanya golongan atau pribadi. Dalam pengumpulan dana atau Fundraising oleh lembaga Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri adalah suatu hal yang penting dalam berjalannya operasionalnya lembaga ini dalam mencapai kegiatan-kegiatan untuk mencapai misi dan tujuan, lembaga Kotak Amal Indonesia Cabang Kediri bukan lah lembaga non profit (nirlaba) yang dimana berorientasi pada keuntungan untuk pribadi melainkan kemaslahatan umat. Untuk penghimpunannya Fundraising di lembaga kotak amal Indonesia cabang Kediri setiap anggotanya juga harus meliliki sifat : Sidiqq (Jujur), Amanah (dapat di percaya), Tabliq (menjadi teladan bagi para anggotannya), Fathanah (mengerti apa yang menjadi tugasnya), Istiqomah (melaksanakan tugas dengan sunguh-sungguh). Sedangkan dalam pelaksanaannya dengan cara mensosialaisasikan kepada warga masyarakat, berkerjasama dengan lembaga lain dalam hal penyaluran dana donasi dengan digital, serta menggunakan media social dengan baik. Penulisan dalam peneliti ini yang di gunakan deskriptif analitif, model penelitian yang menjelaskan dan menggambarkan sesuai data yang di kumpulkan, memalui wawancara, dokumentasi, pemgolahan data, analisis data, teknis validasi data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Moch. Bahrulmoch.bahrulhadi@gmail.comG75215081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsby.ac.id / fatikul.himami@gmail.com2023098002
Subjects: Hukum Ekonomi
Keywords: Syariah complience; strategi; fundraising
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch Bahrul Hadi
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:44
Last Modified: 21 Sep 2023 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65110

Actions (login required)

View Item View Item