Pemberdayaan ibu-ibu PKK dalam peningkatan pembangunan berkelanjutan melalui pemanfaatan kelor di Desa Dukuh Tengah Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Drajat, Nida balqis (2023) Pemberdayaan ibu-ibu PKK dalam peningkatan pembangunan berkelanjutan melalui pemanfaatan kelor di Desa Dukuh Tengah Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nida Balqis Drajat_B02218020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Dalam pelestarian dan pemanfaatan tanaman kelor karena Desa Dukuh Tengah mempunyai julukan kampung kelor, masyarakat menanam pohon dipekarangannya serta terdapat plakat “Kampung kelor”. Serta melakukan pola jejaring komunikasi yang dikembangkan masyarakat, ibu-ibu PKK, dan Karang taruna dalam menyelesaikan persoalan pelestarian tanaman kelor. Dalam pendampingan ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) proses pendampingan ini menggunakan metode dalam pengembangan asset dan potensi yang dimiliki masyarakat. Pendekatan ini memiliki tahapan atau strategi yang dapat digunakan dalam proses pendampingan pemberdayaan masyarakat yang disebut dengan 5D yakni Discovery, Dream, Design, Define, Destiny. Dalam pelestarian serta pemanfaatan tanaman kelor, memiliki hasil yang maksimal. Ibu-ibu PKK menjadi lebih produktif dalam memanfaatkan asset dengan baik. Hal ini mampu mengangkat potensi Desa Dukuh Tengah sehingga julukan kampung kelor ini tidak hilang. Serta dapat mensejahterakan kualitas hidup masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Drajat, Nida balqisnidabalqis3@gmail.comB02218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; pelestarian; pemanfaatan; tanaman kelor
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nida Balqis Drajat
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:04
Last Modified: 22 Sep 2023 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65125

Actions (login required)

View Item View Item