Peningkatan hasil belajar materi struktur dan fungsi tumbuhan pada siswa kelas IV menggunakan strategi card sort di MI Hasyim Asy'ari Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Achmad Fawwazi (2023) Peningkatan hasil belajar materi struktur dan fungsi tumbuhan pada siswa kelas IV menggunakan strategi card sort di MI Hasyim Asy'ari Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Fawwazi Falah_D07218001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari materi struktur dan fungsi tumbuhan. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa masih di bawah KKM dikarenakan masih kesulitan menghafal fungsi dari tumbuhan. Rendahnya hasil belajar ini mempengaruhi nilai hasil belajar siswa yakni 40% dengan kualifikasi tidak baik yang mencapai nilai KKM. Oleh karena itu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui strategi Card Sort.
Permasalahan yang dikaji oleh peneliti adalah 1) Bagaimana penerapan strategi card sort dalam materi struktur dan fungsi tumbuhan pada siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sedati Sidoarjo?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada materi struktur dan fungsi tumbuhan dengan menggunakan strategi card sort pada siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sedati Sidoarjo?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan pada penelitian ini sebagai berikut, Untuk mengetahui Penerapan Strategi Card Sort pada peningkatan hasil belajar siswa materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan IPA kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sedati Sidoarjo. Dan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan IPA kelas IV menggunakan strategi Card Sort MI Hasyim Asy’ari Sedati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan PTK dengan model Kurt Lewin yang di dalamnya terdapat 4 tahaan yaitu perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi guru dan siswa, dokumentasi, dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penilitain menunjukan bahwa, 1) Penerapan strategi card sort pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Pada siklus I aktivitas guru mendapatkan 72 dengan kualifikasi cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan 85 dengan kualifikasi baik. Kemudian pada aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai 75 dengan kualifikasi cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh nilai 88 kualifikasi baik. 2) Hasil Belajar siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Sidoarjo materi struktur dan fungsi tumbuhan mengalami peningkatan setelah menerapkan strategi card sort. Hal ini terbukti pada skor tes hasil belajar siklus I siswa mendapatkan 65% kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 85% kualifikasi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Achmad Fawwazifawwazifalah10@gmail.comD07218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorBudin, Sihabbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Keywords: Hasil belajar; strategi; media; materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Achmad Fawwazi Falah
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:30
Last Modified: 06 Sep 2023 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65128

Actions (login required)

View Item View Item