Pendampingan karang taruna dalam memanfaatkan sampah melalui budidaya maggot sebagai upaya menciptakan ekonomi kreatif di Desa Ganggangpanjang Tanggulangin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Mohammad Iqbal (2023) Pendampingan karang taruna dalam memanfaatkan sampah melalui budidaya maggot sebagai upaya menciptakan ekonomi kreatif di Desa Ganggangpanjang Tanggulangin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Iqbal Ramadhan_B92218118.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi respon masyarakat dusun Ganggangmalang kecamatan Tanggulangin Sidoarjo terhadap masalah sampah, serta menjelaskan pola jejaring komunikasi yang dikembangkan masyarakat dan pengurus RT, RW dalam menyelesaikan persoalan sampah tersebut.Penelitian ini berisi tentang paparan metode penelitian melalui pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), termasuk didalamnya yaitu pendekatan ABCD, prosedur penelitian, subyek pendmpingan, teknik pengumpulan data, teknik validasi data, dan teknik analisis data. Hasil dari pemberdayaan yang dilakukan adalah nilai tambah ekonomi yang didapat oleh masyarakat dan juga kelompok dampingan. Nilai rambah ekonomi ini berasal dari pengelolaan sampah yang sudah berhasil, pengelolaan sampah ini memerlukan biaya yang minimal namun dapat memperoleh hasil yang lumayan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Mohammad Iqbaliqbalramadhan668@gmail.comB92218118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Ekonomi
Lingkungan Hidup
Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; maggot; pemuda
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mohammad Iqbal Ramadhan
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:24
Last Modified: 20 Sep 2023 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65129

Actions (login required)

View Item View Item