Strategi negosiasi Indonesia di balik keberhasilan kesepakatan penyesuaian flight information region dengan Singapura pada tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakdiyah, Khalimatus (2023) Strategi negosiasi Indonesia di balik keberhasilan kesepakatan penyesuaian flight information region dengan Singapura pada tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khalimatus Sakdiyah_I72219045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi negosiasi Pemerintah Indonesia dibalik keberhasilan Kesepakatan Penyesuaian Flight Information Region dengan Singapura pada tahun 2022 kemarin. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian menggunakan Teknik dari Miles dan Huberman yaitu model interaksionis. Kemudian berdasarkan data yang peneliti dapat dari wawancara, maka peneliti menemukan fakta bahwa strategi negosiasi yang dipakai Indonesia dalam upaya pengambilalihan FIR yakni Integratif Bargaining dengan yaitu pertama, adanya komunikasi yang jelas dan akurat antara pihak Indonesia yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Singapura mengenai upaya Indonesia dalam pengambilalihan FIR dari Singapura. Kedua, adanya motivasi dan komitmen untuk bekerja sama antara Indonesia dan Singapura di bidang teknis penerbangan. Ketiga, menumbuhkan kepercayaan antara Indonesia dan Singapura dengan upaya Indonesia membangun confident President building mention mengenai kualitas penerbangan Indonesia ke Singapura. Adapun win yang didapat Indonesia dari kesepakatan penyesuaian Flight Information Region dengan singapura pada tahun 2022 yakni bertambahnya ruang udara Indonesia yang masuk FIR Jakarta, kegiatan penerbangan Indonesia mendapat fasilitas operasional dari Singapura, terdapat Kerjasama sipil-militer antara Indonesia dan Singapura agar kedua belah negara terjalin komunikasi yang aktif, Indonesia dapat mengevaluasi kualitas penerbangannya yang didelegasikan ke Singapura secara mandiri, dan Indonesia mendapat Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sedangkan win untuk Singapura yakni terjadinya Perjanjian Pertahanan Indonesia dan Singapura yang mengizinkan Angkatan Udara Singapura melakukan latihan di area Alpha satu, Alpha dua, dan area Bravo milik Indonesia di wilayah Kepulauan Riau dan Natuna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakdiyah, Khalimatussakdiyahkhalimatus76@gmail.comI72219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki Rahmadinirr.nurika@uinsby.ac.id2025039001
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Indonesia; Singapura; flight information region (FIR); kepulauan riau dan natuna; negosiasi; integratif bargaining
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Khalimatus Sakdiyah
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:04
Last Modified: 20 Sep 2023 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65132

Actions (login required)

View Item View Item