Self-stigma perempuan muslimah tidak berhijab di Universitas Airlangga Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Mohammad Oktranda (2023) Self-stigma perempuan muslimah tidak berhijab di Universitas Airlangga Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Oktranda Kurniawan_E02219023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas fenomena Self-Stigma mahasiswi Muslimah yang Tidak Berhijab di lingkungan kampus Universitas Airlangga Surabaya. Self-Stigma muncul sebagai hasil dari persepsi negatif yang diberikan oleh masyarakat dan persepsi diri yang negatif yang tercermin dalam diri sendiri. Stigma ini berdampak pada pandangan diri mahasiswi Muslimah dan mempengaruhi aspek kehidupan fisik, psikologis, dan sosial mereka. Tujuan penelitian ini adalah memberikan sumbangan pengetahuan baru dalam bidang komunikasi dan studi agama-agama, serta memberikan manfaat praktis terutama untuk sesama umat Muslim agar tidak melakukan diskriminasi terhadap sesama saudara seiman dan menjalin komunikasi yang baik sebagai bentuk dukungan. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan tujuh informan perempuan yang dipilih secara selektif, tanpa melibatkan laki-laki sebagai informan. Hal ini disebabkan oleh fokus penelitian yang lebih menekankan pada perempuan Muslim yang tidak menggunakan hijab di lingkungan kampus, sehingga informan yang dipilih difokuskan pada perempuan yang mengalami stigma dan stereotip tersebut. Data yang diperoleh dari wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan masyarakat, dukungan dari lingkungan sekitar, dan pengalaman sosial memengaruhi Self-Image mahasiswi yang tidak berhijab. Dukungan dari keluarga dan masyarakat dalam menghormati pilihan hidup perempuan Muslim tanpa hijab juga dapat membantu meningkatkan Self-Image mereka. Penelitian ini memiliki implikasi praktis dalam membangun kesadaran masyarakat agar tidak mendiskriminasi sesama saudara seiman dan menghormati pilihan hidup perempuan Muslim tanpa hijab. Selain itu, penting bagi mahasiswi untuk memahami dan mempertimbangkan dampak lingkungan sosial dalam membentuk Self-Image, terlepas dari keputusan mereka sendiri dalam memakai hijab atau tidak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Mohammad Oktrandamokurniawan771@gmail.comE02219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Wanita dalam Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Self-stigma; perempuan; hijab; self-image
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Oktranda Mohammad Kurniawan
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:12
Last Modified: 03 Oct 2023 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65142

Actions (login required)

View Item View Item