Pemberdayaan komunitas janda atas jerat kemiskinan di Dusun Nglawan Desa Senden Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arinda, Dhea Leonita (2023) Pemberdayaan komunitas janda atas jerat kemiskinan di Dusun Nglawan Desa Senden Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhea Leonita Arinda_B92218103 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pemberdayaan komunitas janda atas jerat kemiskinan di Dusun Nglawan Desa Senden Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Kondisi kehidupan para janda yang memiliki peran ganda yaitu sebagai ayah sekaligus ibu bagi keluarganya memaksa mereka menjadi orang tua tunggal. Disamping kewajibannya mengurus pekerjaan rumah, para janda harus banting tulang untuk mencukupi kebutuhan anak – anaknya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang sedang dialami oleh para janda di Dusun Nglawan dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana kondisi jerat kemiskinan para janda di Dusun Nglawan?, 2) Bagaimana strategi mengurai jerat kemiskinan para janda di Dusun Nglawan?, 3) Bagaimana hasil dari program pemberdayaan para janda di Dusun Nglawan?. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PAR (Participatory Action Research). Dimana metode ini melibatkan berbagai pihak secara aktif untuk menemukan masalah dan memecahkan masalah melalui program kegiatan yang dilakukan. Dengan menggunakan teknik PRA (Participatory Rural Apraisal) sebagai alat yang digunakan dalam upaya membangun kesadaran dan pemecahan masalah yang dialami para janda di Dusun Nglawan. Proses pendampingan dimulai dari pemetaan awal, inkulturasi, survey belanja rumah tangga, transek, fgd (focus group discussion), merencanakan aksi perubahan, pelaksanaan aksi program, serta evaluasi dan refleksi. Melalui proses pendampingan tersebut aksi yang dilakukan untuk mengatasi jerat kemiskinan yang dialami oleh para janda meliputi edukasi pelatihan menciptakan usaha yang terdiri dari kegiatan pelatihan keterampilan, pelatihan analisis peluang usaha, pelatihan produksi dan pengemasan, pelatihan pemasaran produk, pelatihan keuangan usaha, pembentukan kelompok usaha bersama, dan advokasi kebijakan kepada pemerintah desa. Hasil yang diperoleh dari proses pendampingan yang dilakukan yaitu terbebasnya para janda dari jerat kemiskinan. Aksi program yang berhasil dilakukan pada aspek manusia meliputi upaya pelatihan menciptakan usaha dengan aksi kegiatan pelatihan keterampilan. Pada aspek lembaga adanya pembentukan kelompok usaha bersama, dan pada aspek kebijakan yaitu melakukan advokasi kebijakan kepada pemerintah desa. Adanya beberapa program yang telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan kemiskinan yang dialami oleh para janda, perubahan yang terjadi yaitu para janda di Dusun Nglawan terbebas dari jerat kemiskinan yang selama ini menjadi permasalahan utama di hidupnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arinda, Dhea Leonitab92218103@uinsby.ac.idB92218103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Kemiskinan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Wanita dalam Islam
Keywords: Komunitas janda; pemberdayaan; jerat kemiskinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dhea Leonita Arinda
Date Deposited: 16 Sep 2023 16:39
Last Modified: 16 Sep 2023 16:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65150

Actions (login required)

View Item View Item