Evaluasi user experience dan usability pada aplikasi jconnect mobile dan pengaruhnya terhadap continuance intention

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Novita (2023) Evaluasi user experience dan usability pada aplikasi jconnect mobile dan pengaruhnya terhadap continuance intention. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita Khasanah_H76219029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Inovasi teknologi telah berkembang di beberapa sektor masyarakat, seperti pada perbankan. Digitalisasi perbankan di Indonesia telah meningkat 46,72% pada tahun 2022. Dengan peningkatan tersebut setiap perbankan akan terus mengupayakan kualitas layanan mobile banking nya agar dapat meningkatkan pelayanan yang optimal dan efektif untuk nasabahnya. Sebagaimana yang dilakukan oleh PT BPD Jawa Timur (Bank Jatim) melakukan peningkatan layanan branding digital banking dengan meluncurkan layanan m-banking yaitu JConnect Mobile. Akan tetapi berdasarkan data aplikasi JConnect Mobile mendapatkan rating yang rendah yaitu 3,2. Dengan demikian, maka perlu untuk evaluasi pada aspek user experience dan usability terdapat continuance intention untuk mendukung proyeksi dan arah kepuasan pengguna atau niat berkelanjutan. Sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu mengukur tingkat evaluasi dari user experience dan usability serta pengaruhnya terhadap continuance intention. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan melakukan penyebaran kuesioner dan diperoleh 180 responden. Evaluasi user experience menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan usability menggunakan System Usability Scale (SUS). Sedangkan untuk mengukur pengaruh terhadap continuance intention melalui analisis regresi linear menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil evaluasi menggunakan UEQ diperoleh hasil skala perspicuity dan dependability mendapat kategori “Good”, sedangkan skala attractiveness, efficiency, stimulation mendapat kategori “Above Average”, dan skala novelty mendapat kategori “Below Average”. Hasil metode SUS memperoleh skor 79,5, Grade B, kategori Adjective yaitu “Good” dan kategori penerimaan yaitu “Acceptable”. Sedangkan hasil pengujian 8 hipotesis diperoleh 3 hipotesis ditolak dan 5 hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan aspek yang berpengaruh terhadap user satisfaction dan continuance intention yaitu perspicuity, efficiency, novelty dan usability.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Novitanovitakha25@gmail.comH76219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Faris Muslihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Kepuasan pengguna; pengalaman pengguna; jconnect mobile; user experience questionnaire; usability
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Novita Khasanah Khasanah
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:41
Last Modified: 20 Sep 2023 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65152

Actions (login required)

View Item View Item