Koeksistensi dan interaksi sosial umat islam dan kristen Dusun Bongsorejo, Grogol Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Nur Aini (2023) Koeksistensi dan interaksi sosial umat islam dan kristen Dusun Bongsorejo, Grogol Diwek Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Maulidiyah_E92219072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reseacrh), metode kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teori yang digunakan menggunakan teori koeksistensi oleh Michael Walzer dan interaksi sosial oleh Gillin. Hasil penelitian memfokuskan pada aspek hubungan sosial anatara Islam dan Kristen di Bongsorejo. Meskipun memilik perbedaan keyakinan, masyarakat Islamdan Kristen menjalin hubungan sosial yang baik. Perbedaan yang kuat pada penganut agama Islam dan Kristen menjadi kan mereka mampu untuk hidup saling toleransi, koeksistensi dan membangun interaksi yang kuat, bukan hidup saling bertentangan atau saling mengakui kebenaran mereka yakini, namun untuk saling bertukar pahaman mengenai kehidupan sosial yang sejahtera dan damai. Umat Islam di Bongsorejo dapat diterima dengan baik karena mampu berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Bentuk koeksistensi dan interaksi sosial berbentuk hubungan timbal balik, kerjasama, dan komunikasi antar kedua umat beragama

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Nur Aininurainimaulidiyah31@gmail.comE92219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Bahasa Indonesia
Kerukunan Beragama
Pluralisme
Keywords: Koeksistensi; Interaksi Sosial; Kerukunan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nur Aini
Date Deposited: 03 Oct 2023 00:57
Last Modified: 03 Oct 2023 00:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65156

Actions (login required)

View Item View Item