Upaya membangun kesadaran masyarakat Lereng Ije Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS):studi kasus di Dusun Penyabungan, Desa Kerang, Kec. Sukosari, Kab. Bondowoso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Absor, Muhammad Bashoiril (2023) Upaya membangun kesadaran masyarakat Lereng Ije Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS):studi kasus di Dusun Penyabungan, Desa Kerang, Kec. Sukosari, Kab. Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Bashoiril Absor_B92219113 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini membahas mengenai pengorganisasian masyarakat Dusun Penyabungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menuju perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Permasalahan di Dusun Penyabungan terkait kurangnya kesadaran PHBS dari sektor BAB di Sungai, dan ketersediaan air bersih.Metode yang digunakan dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research) untuk menyelesaikan masalah, Peneliti menggunakan teknik Pemetaan partisipatif, trend and change, diagram venn, untuk menganalisa permasalahan bersama masyarakat. Hasil dari proses pengorganisasian masyarakat yang telah dilakukan adalah masyarakat bisa lebih peduli akan ksehatan diri dan kesehatan lingkungan sekitar dengan menerapkan beberapa indikator Periaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan adanya kelompok pedul PHBS masyarakat menjadi lebih aktif dalam menyelesaikan masalahkebersihan dan kesehatan. Hingga mendapatkan dukungan dari pihak pemerintah Desa Kerang setelah adanya kebijakan PHBS yang diusulkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Absor, Muhammad Bashoirilmuhammadbashoiril@gmail.comB92219113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Kesejahteraan Sosial
Masalah sosial
Keywords: Pengorganisasian; PAR; PHBS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Bashoiril Absor
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:59
Last Modified: 20 Sep 2023 00:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65157

Actions (login required)

View Item View Item