Analisis pengaruh dampak pembangunan infrastruktur terhadap produk domestik regional bruto (pdrb) di kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanani, Muhammad Arif (2023) Analisis pengaruh dampak pembangunan infrastruktur terhadap produk domestik regional bruto (pdrb) di kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Arif Fanani_G91219088 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan indikator untuk melihat pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong ekonomi suatu daerah. Infrastruktur merupakan hal yang dapat mempengaruhi meningkat atau menurunnya jumlah PDRB di suatu wilayah tertentu. Jika infrastruktur yang ada di suatu daerah kurang memadai dan tidak berkualitas, maka tingkat PDRB tersebut kecil dan juga sebaliknya. Jika infrastrukturnya baik, memadai dan berkualitas, maka jumlah PDRB yang dihasilkan tinggi. Efisiensi dalam kegiatan ekonomi harus didukung oleh infrastruktur yang memadai khususnya infrastruktur jalan, infrastruktur listrik dan infrastruktur air sehingga mendorong peningkatan potensi daerah yang berkesinambungan. Selain berfungsi memfasilitasi, keberadaan infrastruktur dapat mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat dan distribusi aliran barang dan jasa. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Periode pengamatan secara runtut yang dilakukan selama sebelas tahun sejak tahun 2012-2022. Data yang digunakan meliputi data PDRB atas dasar harga konstan 2010, kondisi jalan baik, daya listrik terjual dan total air terjual. Data yang disajikan akan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan melalui program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji signifikan parametric individual (uji t) secara parsial pada variabel Infrastruktur Jalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Kabupaten Bojonegoro dengan nilai nilai t_(hitulng )4,224 > t_(tabell )2,365 dan nilai signifikansi 0,029 < 0,05. Sedangkan Infrastruktur Listrik juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Kabupaten Bojonegoro dengan nilai t_(hitulng )9,658 > t_(tabell )2,365 dan nilai signifikansi 0,041 < 0,05. Dan Infrastruktur Air berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Kabupaten Bojonegoro dengan nilai nilai t_(hitulng )6,366 > t_(tabell )2,365 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Sedangkan hasil uji simultan (uji f) atau bersama-sama dapat dinyatakan bahwa Infrastruktur Jalan, Infrastruktur Listrik dan Infrastruktur Air secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Kabupaten Bojonegoro dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.Pemerintah diharapkan untuk lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur ekonomi dan sosial yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional dan diperlukan kebijakan-kebijakan yang dapat menunjang hal tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanani, Muhammad Arifg91219088@student.uinsby.ac.idg91219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Keywords: Produk Domestik Regional Bruto; Infrastruktur Jalan; Infrastruktur Listrik; Infrastruktur Air
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Arif Fanani
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:32
Last Modified: 20 Sep 2023 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65159

Actions (login required)

View Item View Item