Budaya persenan dalam praktik peningkatan pendapatan mlijo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oliviarevitsa, Regy (2023) Budaya persenan dalam praktik peningkatan pendapatan mlijo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Regy Oliviarevitsa_G92219115 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Budaya Persenan dalam Praktik Peningkatan Pendapatan Mlijo”. Meningkatnya pendapatan mlijo berdampak pada modal yang dimiliki. Modal tersebut digunakan untuk membeli kembali barang dagangan (kulakan) yang dapat mempertahankan keberlangsungan usaha. Peningkatan pendapatan pedagang mlijo dapat ditempuh melalui persenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pedagang mlijo meningkatkan pendapatan berbasis budaya persenan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Terdapat dua informan dalam penelitian ini yaitu mlijo Mak Jum dan Bu Nanik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis milik Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan. Teknik analisis tersebut terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya persenan dalam praktik peningkatan pendapatan tidak meningkatan pendapatan secara materi pada saat budaya tersebut dilakukan. Pada saa t budaya persenan dilakukan, melalui kacamata akuntansi pedagang mlijo justru merugi. Akan tetapi, budaya persenan meningkatkan pendapatan dari sisi non materi. Pendapatan non materi yang diterima oleh pedagang mlijo berupa ketentraman batin, rasa syukur, menjaga tali silaturahmi, rasa kekeluargaan, serta keakraban yang terjalin melalui budaya persenan. Selain itu, kacamata akuntansi yang menyatakan rugi atas dilakukannya budaya persenan terbantahkan oleh kepercayaan pedagang mlijo yaitu memberi bukan berarti merugi. Penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian yang sama menggunakan metode etnografi yang bertujuan untuk menemukan tema budaya sehingga dapat diketahui generalisasi dari praktik akuntansi pendapatan berbasis budaya persenan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oliviarevitsa, Regyregyo67@gmail.comG92219115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com199007292019032022
Subjects: Akuntansi
Pedagang
Budaya
Keywords: Peningkatan pendapatan; pendapatan; pendapatan non materi; budaya persenan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Regy Oliviarevitsa
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:25
Last Modified: 19 Sep 2023 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65168

Actions (login required)

View Item View Item