Pengaruh jumlah penduduk, investasi dan konsumsi rumah tangga terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia periode 2017-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, Elsa (2023) Pengaruh jumlah penduduk, investasi dan konsumsi rumah tangga terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia periode 2017-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elsa Novita Pratiwi_G91219072.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tema yang menarik untuk diteliti karena menjadi indikator penting dalam perekonomian. Melalui pertumbuhan ekonomi dapat melihat keadaan ekonomi sedang mengalami peningkatan atau penurunan sehingga pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan-kebijakan apabila perekonomian sedang tidak stabil. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh jumlah penduduk, investasi dan konsumsi rumah tangga terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 136 dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari website resmi Badan Pusat Statistik (BPS). Penelitian ini menggunakan data panel yang diolah menggunakan software Eviews 10, serta menggunakan metode analisis regresi berganda yang dilengkapi dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jumlah penduduk dan konsumsi rumah tangga berkontribusi negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan variabel investasi tidak berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Secara simultan ketiga variabel memiliki kontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan hasil regresi, diperoleh nilai R-Squared (R2) sebesar 0,559914 artinya variable independen berkontribusi sebesar 55,99% terhadap variabel dependen sedangkan sisanya yaitu 44,01% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pemerintah yaitu diharapkan pemerintah dapat mengelola investasi lebih baik lagi, optimal dan dapat disalurkan kepadabidang-bidang yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, Elsapratiwielsa028@gmail.comG91219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Ekonomi
Investasi
Konsumen
Keywords: Jumlah penduduk; investasi; konsumsi rumah tangga; pertumbuhan ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Elsa Novita
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:27
Last Modified: 21 Sep 2023 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65173

Actions (login required)

View Item View Item